7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

cara agar pinjol tidak bisa akses kontak hp --foto cicilan.id

DISWAY JATENG - Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP perlu diketahui bagi para penggunanya. Di mana sampai saat ini, permasalahan pinjaman online belum juga selesai. Banyak alami teror, ancaman atau perasaan dari pinjol yang menghubungi kontak HP debitur.

Beberapa pinjaman online sering melakukan cara yang merugikan nasabah, salah satunya yaitu menghubungi kontak darurat nasbah untuk menagih utang. Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP memang sangat perlu agar kita tidak merasa dirugikan. 

Pinjol alias pinjaman online merupakan salah satu produk keuangan yang semakin marak di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang bisa kalian coba. 

Lalu, apa saja cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP? Berikut ada beberapa langkah cerdas yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar data kalian tetap aman. 

BACA JUGA:7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

Mengakses kontak HP nasabah tanpa sepengetahuan, dimanfaatkan untuk dapat menagih hutang atau menyebar informasi pribadi nasabah tersebut. Hal ini tentunya merugikan nasabah. Praktik tersebut biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal yang beroperasi tanpa izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP 

1. Pastikan Kontak HP Tidak Berisi Orang Terdekat

Jika pinjol berhasil untuk mengakses kontak HP kalian, mereka akan mencari nomor- nomor yang sering dihubungi atau yang mempunyai hubungan dekat. Pinjol akan menghubungi nomor- nomor untuk menagih pembayaran dan menyebarkan data pribadi.

Lakukan hapus kontak atau menyembunyikan kontak HP yang berisi orang terdekat.

2. Pastikan Pinjol Resmi

Pinjol resmi yang sudah terdaftar di OJK mempunyai standar operasional yang sesuai dengan peraturan dan etika. Mereka tidak akan sembarangan untuk mengakses kontak HP dan melakukan praktik yang merugikan nasabah. Perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah pinjol yang ingin digunakan resmi terdaftar di OJK atau tidak. 

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

3. Jangan Masukan Nomor Kontak Darurat saat Melakukan Verifikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: