Sebelum Ajukan, Ketahui 5 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman agar Terhindar dari Penipuan

Selasa 16-07-2024,18:56 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Tips memilih pinjol yang aman mudah untuk ditemukan jika mengetahui ciri-cirinya untuk menghindari berbagai kerugian. Pasalnya saat ini banyak aplikasi pinjaman ilegal yang hampir mirip seperti pinjol legal. 

Saat ini layanan pinjaman online menjadi solusi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan dana mendesak. Namun, penting bagi kalian untuk mengetahui tips memilih pinjol dengan aman agar tidak terjerat bunga yang tinggi dan teror DC. 

Baru-baru ini ramai dibahas terkait pinjol yang banyak menjerat masyarakat. Selain menawarkan bunga tinggi, pinjol ini juga membebankan biaya layanan yang tidak sedikit. Tidak hanya di situ, beberapa praktik penagihan dari pinjol ini juga ditengarai syarat dengan ancaman serta pemaksaan. Maka dari itu, perlu ketahui tips memilih pinjol yang aman dan terpercaya. 

Saat melakukan pengajuan pinjol dengan mencari tahu tips memilih pinjol yang aman, sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu yang sudah resmi dan terdaftar di OJK agar tidak terjerat risiko yang merugikan. 

BACA JUGA:7 Tips Memilih Pinjol Supaya Terhindar dari Bunga Tinggi dan Teror DC

 

1. Baca Seksama Tawaran yang Ada

Banyak tawaran pinjol yang menggiurkan, mulai dari pinjaman tanpa jaminan, bunga super rendah, masa pinjaman yang panjang sampai asuransi. 

Iming-iming yang menggiurkan ini mesti dipastikan tidak ada latar belakang buruknya. Misal, akses ke semua kontak pribadi kita. Akses ke data-data pribadi dan lain sebagainya. Pastikan ini tidak terjadi, sehingga kepentingan kalian terlindungi. Cek juga syarat-syarat peminjaman termasuk besaran bunga dan periode peminjaman yang ada. Jika ragu dan tidak tahu, jangan segan untuk bertanya dan memastikannya. 

2. Cek Kemampuan Membayar

Tips memilih pinjol yang aman selanjutnya yaitu dengan mengecek kemampuan membayar. Masalah dengan pinjol biasanya diawali dengan ketidakmampuan membayar cicilan dan pokok pinjaman. Karena itu penting untuk memperhatikan kemampuan membayar. Idealnya, maksimal pinjaman yang bisa dilakukan lewat pinjol yaitu 40% dari penghasilan per bulan.

BACA JUGA:Ketahui Tips Memilih Pinjol Legal Cepat Cair Resmi OJK yang Aman dan Terpercaya, Ikuti Langkah Berikut Ini

Ini untuk memastikan bahwa kalian bisa mengembalikan pinjaman tersebut 60% dari penghasilan, dengan demikian bisa digunakan untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari. Risiko meminjam di atas batas maksimal penghasilan kalian bisa berakibat pada galbay dan pada akhirnya akan mempersulit situasi.

3. Jika Terdesak Segera Minta bantuan Pihak Ketiga

Jika memang sudah terjebak dan terdesak dalam lingkaran pinjol, upayakan untuk cari bantuan pihak ketiga. Misal, jika ada barang yang bisa digadaikan, coba gadaikan ke tempat dengan bunga dan pinjaman yang lebih rendah, atau pinjam dari rekan-rekan yang masih bisa kita andalkan dengan bunga rendah atau tanpa bunga. Upaya ini tentunya perlu dilakukan agar kewajiban pinjol tidak makin menggunung dan membuat kalian makin terjebak dalam lingkaran setan pinjol.

Kategori :