Dinas Sosial Serahkan Alat Permainan Edukatif

Selasa 16-07-2024,13:11 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Senntra Terpadu Kartini Temanggung Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (atensi) bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial di Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Pendamping Rehsos Kemansos M Fatchan  menyatakan, bantuan yang diserahkan kali ini berupa 2 paket Alat Permainan Edukatif (APE) untuk 2 penyandang disabilitas cerebral palsy. 

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Lakukan Visitasi Praktik Mandiri Bidan

"Pemberian bantuan ini ditujukan bagi anak-anak guna mendukung aktivitas afektif, kognitif dan psikomotorik anak guna merangsang perkembangan secara fisik," ujarnya, Selasa (16/7/3024).

Menurutnya, dukungan terhadap perkembangan anak tidak hanya dari segi pemenuhan asupan secara fisik melalui sandang dan nutrisi. Namun tidak kalah pentingnya melalui pemberian alat peraga atau permainan yang bersifat edukatif. 

BACA JUGA:Karwet FC Kabupaten Tegal Juara Karangdawa Open

Berbagai bentuk APE ini didasarkan beberapa capaian perkembangan, seperti APE berbentuk balok dan warna untuk merangsang kognitif dan kemampuan psikomotorik anak.

Ada juga yang berbentuk kartu bergambar untuk merangsang kognitif anak serta ada yang berupa bola bola guna mendukung stimulus halus pada anak. Hal ini  berguna, terutama pada anak-anak cerebral palsy yang memiliki permasalahan syaraf.

"Sehingga sedikit banyak dapat merangsang melalui sentuhan APE," ungkapnya.

BACA JUGA:Sakila Kerti Wujudkan Pendidikan di Lapas Kelas II B Tegal

Sentra Terpadu Kartini di Temanggung merupakan Unit Pelaksana Teknis milik Kementerian Sosial Republik Indonesia di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. Yang memberikan layanan sosial bagi seluruh Pemerlu Pelayaan Kesejahteraan Sosial (PPKS) melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi). 

Atensi diberikan dalam bentuk dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial dan atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi (fisik, psikososial, mental spiritual), pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan. 

"Bantuan dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas," tegasnya. (adv)

Kategori :