Darah Biru Kraton di Kota Tegal sebagai Upaya Atasi Stunting

Selasa 16-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Kelurahan Kraton dan Dinas Sosial Kota Tegal berkolaborasi untuk mengatasi stunting, dengan Rela Hati Berikhtiar Membantu Warga Kraton (Darah Biru). Inovasi tersebut dilakukan untuk penanganan 17 Bayi Dibawah Dua Tahun (BATUDA) yang masuk kategori stunting. Bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa biskuit, telur dan minyak goreng pun diberikan di Pendapa Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat.

"Untuk sementara, ada  17 Batuda kategori stunting yang mendapatkan bantuan PMT dari Dinsos," kata Lurah Kraton Arifullah.

BACA JUGA:Dosen Poltek Harber Tegal Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Manajemen

Sebelum bantuan itu diberikan, Kelurahan Kraton, Puskesmas Tegal Barat dan Dinsos sudah melakukan intervensi dengan pendataan serta pengukuran. Selanjutnya akan dilakukan kunjungan ke lapangan. Untuk mengidentifikasi Batuda yang orang tuanya layak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Semua itu dilakukan bersama untuk mengatasi Stunting, melalui bapak asuh yaitu Dinas Sosial," ujarnya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pemalang Rapat Paripurna Persetujuan Raperda

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal Bajari menyampaikan identifikasi sudah dilakukan untuk balita kategori stunting. Kemudian dilakukan aksi dilapangan. Untuk memberikan PTM agar tepat dengan sasaran.

"Setelah ini kami akan bersama mengunjungi balita stunting agar penanganya tepat sasaran," pungkasnya.

Kategori :