Kenali Modus Penipuan Penagihan Akulaku dan Cara Menghindarinya

Minggu 14-07-2024,17:26 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Akulaku adalah platform pinjaman online terkemuka di Indonesia yang marak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab, biasanya mereka akan melakukan penipuan penagihan akulaku.

Para oknum ini melakukan penipuan penagihan akulaku dengan meniru modus penagihan yang resmi, jika debitur tidak teliti dan berhati-hati maka bisa saja akan menjadi korban dari mereka.

Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui berbagai modus yang sering digunakan penipuan penagihan akulaku, dengan mengetahuinya maka anda akan terhindar dari kerugian.

Nah dibawah ini akan kami beritahu berbagai modus penipuan penagihan akulaku, yuk simak uraiannya dibawah ini.

BACA JUGA:Galbay Akulaku, Gimana Solusinya? Tenang, Gak Pusing Kok

 

1. Penagihan melalui WhatsApp atau SMS

Penipu akan menghubungi korban melalui WhatsApp atau SMS dengan nomor yang tidak dikenal, mengaku sebagai pihak pinjaman online dan menyatakan bahwa korban memiliki tagihan yang belum dibayarkan. Mereka akan meminta korban untuk segera melunasi tagihan dengan cara transfer ke rekening pribadi atau melalui link mencurigakan.

2. Tawaran penyelesaian tagihan dengan diskon

Penipu akan menawarkan kepada korban untuk menyelesaikan tagihan dengan diskon besar, jauh di bawah nilai tagihan yang sebenarnya. Korban yang tergiur akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai tanda jadi, dan kemudian penipu akan menghilang tanpa menyelesaikan proses pelunasan tagihan.

3. Ancaman dan intimidasi

Penipu akan meneror korban dengan ancaman dan intimidasi jika korban tidak segera melunasi tagihan. Mereka bahkan akan menyebarkan data pribadi korban ke kontak-kontak di ponselnya.

Ciri-ciri Penipuan Penagihan Akulaku:

  1. Nomor penelepon/pengirim pesan tidak resmi: Akulaku hanya memiliki satu nomor call center resmi, yaitu 1500920. Jika Anda dihubungi oleh nomor lain yang mengatasnamakan Akulaku, patut dicurigai sebagai penipuan.
  2. Permintaan transfer ke rekening pribadi: Platform yang resmi tidak pernah meminta nasabahnya untuk melakukan transfer ke rekening pribadi. Seluruh pembayaran tagihan harus dilakukan melalui aplikasi atau melalui mitra resmi Akulaku yang telah terverifikasi.
  3. Tawaran diskon tidak masuk akal: Platform resmi tidak pernah menawarkan diskon besar untuk penyelesaian tagihan. Jika Anda diiming-imingi dengan diskon besar, patut dicurigai sebagai penipuan.
  4. Ancaman dan intimidasi: Platform resmi tidak pernah menggunakan cara-cara seperti ancaman dan intimidasi untuk menagih nasabahnya. Jika Anda mendapatkan perlakuan seperti ini, waspadalah!

Tips Menghindari Penipuan Penagihan Akulaku:

  1. Selalu konfirmasi informasi dengan platform resmi: Jika Anda ragu dengan informasi yang Anda terima, hubungi melalui call center resmi 1500920 atau melalui aplikasi Akulaku.
  2. Jangan pernah memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal: Hindari memberikan data pribadi seperti nomor KTP, PIN Akulaku, atau OTP kepada siapapun, termasuk melalui WhatsApp, SMS, atau email.
  3. Lakukan pembayaran tagihan hanya melalui aplikasi atau mitra resmi: Pastikan Anda melakukan pembayaran tagihan pinjaman hanya melalui aplikasi Akulaku atau melalui mitra resmi Akulaku yang telah terverifikasi.
  4. Laporkan penipuan kepada pihak berwajib: Jika Anda menjadi korban penipuan, segera laporkan kepada pihak berwajib dan kepada Akulaku melalui call center 1500920.

BACA JUGA:4 Cara Ajukan Pinjaman di Akulaku agar Cepat Cair

Kategori :