Cara Mengatasi DC Pinjol Ilegal yang Datang ke Rumah saat Galbay

Sabtu 13-07-2024,13:15 WIB
Reporter : Eki Nur Solikha
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG -  Cara mengatasi DC pinjol ilegal yang datang ke rumah dengan mudah, jika kamu terlanjur gagal bayar. Kunjungan DC pinjol ilegal yang tiba-tiba mendatangi rumah, sering membuat khawatir dan takut nasabah yang menunggak cicilan karena tidak sanggup membayar utang.

Penyebab kekhawatiran nasabah ini karena DC pinjol ilegal kerap kali mengancam dan melakukan intimidasi kepada nasabah yang galbay. Tak hanya itu, mereka juga berani melakukan kekerasan fisik maupun verbal. Lantas, bagaimana cara mengatasi DC pinjol ilegal yang datang ke rumah?

Untuk mengatasi DC pinjol ilegal yang datang ke rumah, caranya sedikit berbeda jika kamu galbay di pinjol legal. DC pinjol legal tidak akan melakukan kekerasan, sebab mereka diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Bagaimana Tips Mengatasi Teror DC Pinjol? Terapkan 5 Solusi Cerdas Ini Dijamin Kabur

Cara mengatasi DC pinjol ilegal yang datang ke rumah ini merupakan tips yang efektif jika kamu terlanjur galbay di pinjol ilegal. Pinjol ilegal sering menjerat nasabahnya dengan iming-iming bunga rendah serta tenor panjang, karenanya banyak nasabah yang tidak mampu membayar utang.

Berikut ini telah disediakan cara ampuh untuk mengatasi DC pinjol ilegal yang datang ke rumah, jadi kamu tidak perlu takut dan cemas lagi akan kunjungan DC lapangan pinjol ilegal.

1. Jangan Berikan Informasi Pribadi

Jangan berikan informasi pribadi yang tidak relevan kepada DC, seperti alamat rumah, nomor telepon keluarga, atau informasi perbankan . Informasi ini dapat disalahgunakan oleh DC untuk meneror kamu serta keluarga. Tolak dengan tegas jika DC meminta uang muka atau jaminan pembayaran.

2. Rekam Percakapan dengan DC Pinjol

Rekam percakapan dengan DC pinjol ilegal secara diam-diam, dengan menggunakan handphone atau alat perekam lainnya. Rekam saat proses penagihan berlangsung, baik penagihan melalui telepon maupun penagihan secara langsung.

Rekaman ini dapat menjadi bukti jika DC pinjol melakukan tindakan yang intimidasi atau melanggar hukum. Catat identitas petugas penagih hutang seperti nama, nomor telepon, dan perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA JUGA:Simak 4 Bahaya Pinjol Data Busuk dan Cara Menghindarinya

3. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Jika kamu panik, hal ini hanya akan memperburuk situasi karena kamu tidak bisa berpikir dengan jernih.

Hadapi DC pinjol ilegal dengan tenang dan sopan. Hindari berbicara kasar atau memperlihatkan rasa panik. Ingatlah bahwa kamu memiliki hak sebagai konsumen, dan DC pinjol tidak boleh melakukan tindakan kekerasan atau intimidasi.

Kategori :