Jangan Sampai Jadi Korban, Ini 7 Tips agar Tidak Tertipu Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Jumat 12-07-2024,16:58 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol saat ini menjadi salah satu cara yang praktis dan populer untuk mendapatkan dana darurat. Tips agar tidak tertipu pinjol ilegal menjadi solusi tepat buat kalian lakukan untuk menghindari kerugian. 

Pinjol ilegal merupakan layanan penyedia pinjaman yang tidak memenuhi syarat dari OJK. Tips agar tidak tertipu pinjol ilegal dapat kalian coba dan terapkan agar terhindar dari penagihan yang tidak wajar. Jangan sampai kalian tergiur dengan penawaran yang menarik, dan jangan termakan testimoni palsu yang tertera pada website atau media sosial semata. 

Tips agar tidak tertipu pinjol ilegal dapat mengamankan nasabah dari praktik penagihan yang kasar. Dengan ini, kalian bisa aman dari berbagai risiko yang merugikan, dan tetaplah waspada terhadap iming-iming dari pinjaman online yang ilegal. 

Agar kalian tidak menjadi korban dari penipuan yang berkedok pinjaman online, dibawah ini ada beberapa tips agar tidak tertipu pinjol ilegal yang penting kalian ketahui untuk menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan, serta periksalah legalitas terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. 

BACA JUGA:Begini Cara Melaporkan Penipuan Aplikasi Pinjol Ilegal Jika Kamu Sudah Terlanjur Hutang

 

Berikut adalah beberapa cara efektif yang dapat kalian coba dan lakukan agar tidak terjebak ke dalam pinjaman online yang ilegal yang tentunya bikin resah dan sangat merugikan, sebagai berikut: 

1. Cermati Syarat dan Ketentuan

Tips agar tidak tertipu pinjol ilegal yaitu dengan memastikan kalian membaca dan memahami syarat serta ketentuan pinjaman sebelum menyetujui apa pun. Jika ada klausa yang mencurigakan atau sulit dipahami, jangan ragu untuk bertanya.

2. Waspadai Permintaan Pembayaran di Muka yang Besar

Jangan pernah membayar biaya yang besarnya tidak masuk akal sebelum menerima pinjaman. Pinjaman online palsu seringkali meminta kalian untuk membayar biaya pengolahan atau biaya lainnya dengan nominal yang besar sebelum dana dipindahkan. Hal ini merupakan taktik penipuan yang umum.

BACA JUGA:Kenali 4 Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya agar Tidak Terjebak

3. Selidiki Perusahaan

Selain mengecek izin, cobalah lakukan penelitian mendalam tentang perusahaan pinjaman. Periksa reputasi mereka, baca ulasan dari pelanggan sebelumnya dan pastikan mereka memiliki alamat yang sah. Waspadai perusahaan dengan sedikit atau tidak ada riwayat.

4. Berhati-hatilah dengan Tawaran yang Terdengar Terlalu Baik

Kategori :