Tetap Waspada! Jika Penagihan DC Pinjol Shopee Berhenti

Jumat 12-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Bahwa banyak nasabah pinjol yang mengalami masalah terkait. Mereka mengaku DC SPinjam, atau SPayLater itu terkadang berhenti melakukan penagihan melalui WhatsApp, maupun telepon.

Saat nasabah sering dihubungi selama 2 bulan tetapi kemudian hilang tanpa kabar.  Namun mendadak muncul di depan rumah nasabah galbay pinjol untuk menagih.

Kejadian ini sering menjadi ketakutan bagi nasabah galbay pinjol. Untuk hal seperti itu, nasabah harus tetap waspada jika penagihan DC pinjol Shopee mendadak berhenti. 

Apakah ini pertanda akan datang ke rumah nasabah yang galbay pinjol? Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Tips Pengajuan Pinjol Agar Cepat Cair, Jangan Abaikan 5 Hal ini Agar Mudah Disetujui

Berikut cara menghadapi DC shopee yang mendadak muncul di depan rumah :

1. Hindari menjanjikan pembayaran

Anda tidak perlu menjanjikan pembayaran kepada DC lapangan karena itu akan berujung Anda selalu ditagih oleh mereka. Intinya, jika Anda mengalami masalah galbay pinjol di Shopee Pinjam atau Shopee PayLater hadapi dengan cara benar.

Jika ada DC yang datang ke rumah itu, yang pertama Anda tidak usah takut, atau jangan panik. Kedua, jangan mencari dana talangan, atau gali lubang tutup lubang itu. Hadapi saja dengan jujur, dan katakan bahwa Anda tidak memiliki uang.

Ketiga, Anda fokus untuk tabungan uang agar suatu saat bisa melunasi utang pinjaman online. Keempat, jangan pernah menjanjikan sesuatu pembayaran kepada DC.

Jika DC tiba-tiba berhenti, dan menagih itu biasa mereka memprioritaskan menagih nasabah yang melakukan pembayaran tepat waktu sehingga Anda di-skip terlebih dahulu.

Anda juga tidak akan pernah tahu kapan DC lapangan datang ke rumah Anda. Karena mereka tidak akan memberitahu jika ingin berkunjung ke tempat nasabah. Anda juga harus belajar mengelola keuangan dengan bijak dalam menghadapi pengalihan dari DC lapangan.

BACA JUGA:Tips Pengajuan Pinjol Agar Cepat Cair, Jangan Abaikan 5 Hal ini Agar Mudah Disetujui

2. Tidak Perlu Takut

Perlu diingat bahwa DC jarang memberitahu nasabah sebelum mereka datang ke rumah Anda. Biasanya DC yang akan datang ke rumah Anda setelah Anda telat membayar selama lebih dari 1 bulan, atau di atas 90 hari, maupun 3 bulan.

Yang terpenting, Anda tidak perlu takut, dan tidak tkhawatir menghadapi DC karena mereka hanya orang-orang yang bekerja untuk menagih utang nasabah melalui tuntutan-tuntutan kerja dari perusahan pinjol.

Karena yang perlu Anda lakukan adalah menerima, atau menemuinya untuk memberitahu bahwa Anda masih belum memiliki uang untuk membayar tagihan pinjol.

3. Fokus Menabung

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah fokus untuk membayar utang, jika mau dicicil juga tidak apa-apa. Jika bisa, ditabung saja dulu uangnya agar menghindari untuk mencicil utang melalui aplikasi pinjol itu karena berujung Anda yang akan rugi.

BACA JUGA:Layanan Pinjol Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah Cair Anti Ribet

4. Jangan Terjebak Mencari Dana Di Tempat Lain

Jangan sampai Anda terjebak dalam perangkap untuk mencari dana ditempat lain. Cara singkat ini tidak disarankan karena Anda akan menimbulkan masalah baru.

Ingatlah bahwa utang itu adalah urusan perdata. Tidak perlu khawatir untuk terancam pidana, ataupun ancam-ancaman dari DC, atau masalah lain yang berkaitan dengan masalah pinjaman online yang Anda miliki.

Jangan sampai Anda meminjam pinjaman online di tempat lain, ataupun mencoba mencari pinjaman lain sehingga berujung gali lubang tutup lubang.

Saat ini dikabarkan bahwa SPinjam sudah dicover oleh asuransi. Artinya, jika banyak orang yang gagal bayar maka asuransi itu akan melunasi utang-utang tersebut.

Demikian ulasan cara menghadapi DC Shopee yang mendadak muncul di depan rumah tanpa sepengetahuan nasabah. Hal ini perlu dijadikan pelajaran saat Anda galbay pinjol dan jangan sampai terulang lagi tentang masalah jeratan pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

 

Kategori :