Cara Membersihkan BI checking atau SLIK OJK Agar Skor Kredit Membaik

Kamis 20-06-2024,19:13 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Skor riwayat kredit yang buruk dapat menjadi masalah saat Anda mengajukan pinjaman. Karena itu, cara membersihkan BI checking bisa jadi solusi supaya pengajuan mudah diterima.

BI checking atau yang saat ini disebut SLIK OJK merupakan hal yang penting saat peminjam ingin mengajukan pinjaman. Jika Anda memiliki riwayat yang buruk, maka cara membersihkan BI checking merupakan langkah efektifnya.

Cara membersihkan BI checking dapat dilakukan supaya skor kredit Anda membaik. Lakukan beberapa cara ini dengan bertahap dan dijamin nama Anda bersih dari daftar blacklist BI checking.

BACA JUGA:3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

Berikut beberapa cara membersihkan BI checking atau SLIK OJK terbaru 2024. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

1. Lunasi Semua Tagihan Utang

Cara membersihkan BI checking pertama. yakni melunasi semua tagihan utang. Pasalnya penyebab utama dari skor kredit buruk, yakni nunggak atau galbay.

Dapatkan bukti pelunasan tunggakan dari pihak pemberi pinjaman. Contohnya seperti surat keterangan lunas atau kuitansi pembayaran.

BACA JUGA:Cara Cepat Bersihkan Nama dari BI Checking Yang Perlu Kamu Coba Agar Skor Kredit Aman

2. Ajukan Permohonan Perbaikan Data

Berikutnya, Anda bisa mengakses SLIK, di kantor OJK. Cermati data SLIK Anda dan identifikasi data yang tidak akurat atau sudah tidak relevan.

Setelah itu, Anda langsung minta perbaikan riwayat kredit. Isi formulir permohonan perbaikan data SLIK dan lampirkan bukti pendukung, seperti surat keterangan lunas atau bukti lainnya.

Tunggu proses verifikasi dari OJK atau LPS. Nantinya, pengguna akan diberikan hasil dalam waktu kisaran 14 hari setelah pengajuan permohonan perbaikan data.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama dari Blacklist BI Checking, Cuma Pakai 4 Tips ini Auto Berhasil

Kategori :

Terpopuler

Jumat 27-09-2024,22:00 WIB

Daftar 10 Pinjol Cair ke E-Wallet

Jumat 27-09-2024,14:30 WIB

9 Pinjol Tenor Panjang dan Resmi OJK

Sabtu 28-09-2024,10:00 WIB

8 Pinjaman Online Cepat Cair