4 Cara Menghindari Galbay Pinjol Terbaru 2024

Rabu 29-05-2024,14:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG- Pinjaman online dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan keuangan tetapi juga dapat menjadi permasalahan baru jika anda tidak bijak dalam menggunakannya, berikut ini akan kami beritahu cara menghindari galbay pinjol.

Cara menghindari galbay pinjol ini wajib anda ketahui supaya dapat terhindar dari kejaran DC lapangan, pasalnya di setiap pinjaman online mempunyai petugas penagih hutang yang akan siap mengunjungi rumah nasabah gagal bayar.

Terdapat beberapa alasan debitur mengalami gagal bayar misalnya pengajuan nominal pinjaman yang tidak sesuai penghasilan dan pemilihan aplikasi pinjaman yang memiliki suku bunga tinggi, cara menghindari galbay pinjol ini perlu anda ketahui supaya dapat terhindar.

BACA JUGA:6 Tips Pinjol Aman, Wajib Anda Ketahui Supaya Tidak Terjebak

Didalam artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang cara menghindari galbay pinjol dengan tepat, simak ulasannya berikut ini.

Cara menghindari galbay pinjol

1. Hindari Meminjam di Aplikasi Ilegal

Anda perlu memastikan platform pinjaman online yang akan anda gunakan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hindari penggunaan aplikasi ilegal.

Hal ini bertujuan supaya anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari, selain itu pinjaman yang belum resmi juga rawan menyebarkan data pribadi milik debitur.

Terdapat beberapa cara untuk mengecek kelegalitasan aplikasi pinjaman online, yakni dengan mengunjungi website resmi OK.

2. Laporkan Penagihan yang Tidak Wajar ke OJK

Jika anda sudah melakukan pengajuan pinjaman di suatu aplikasi dan anda mengalami gagal bayar, kemudian pihak pinjaman melakukan penagihan dengan cara yang terkesan kasar anda dapat melaporkannya ke OJK.

Hal ini dapat dilakukan ketika anda mengalami penagihan dengan cara yang tidak wajar.

3. Ajukan Nominal Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Cara menghindari galbay pinjol dengan mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan.

Kategori :