Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Berupaya Lakukan Inovasi Kinerja

Jumat 02-02-2024,09:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Inovasi kinerja bakal dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di sepanang tahun 2024. Diantaranya melakukan revitalisasi Tempat Pemprosesan Akhir Sampah (TPAS) dan pengembangan taman keanekaragaman hayat di Cacaban. Selebihnya, DLH  juga akan melakukan penataan areal Taman Bungah menuju ruang bermain ramah anak untuk mendukung program Kabupaten Layak Anak.

Kepala DLH Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi di sela kunjungan kerja Pj Bupati Tegal Agustyarsyah di Aula DLH. 

BACA JUGA:PMI Kabupaten Pemalang Adakan Musyawarah Kerja Tahun 2024

"Kami berharap inovasi kinerja di tahun 2024 ini bisa terealisasi sesuai dengan rencana yang telah dirancang bersama ssemua komponen yang ada di DLH," ujarnya.

Upaya mengurangi volume sampah organik di areal TPAS  Penujah tengah dilakukan dengan memprosesnya menggunakan mesin pencacah sampah untuk dijadikan kompos. 

"Kami memanfaatkan sebagian kecil  lahan di TPAS untuk melakukan aktivitas pencacahan sampah organik guna dijadikan kompos," cetusnya. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Tegaskan Jika ASN Harus Menjaga Netralitas

Menghadapi permasalahan lingkungan hidup yang semakin besar dan kompleks, juga disikapi DLH. Dengan menggugah peran serta masyarakat di tengah keterbatasan sumber daya yang ada.

Pihaknya bersama para pegiat atau komunitas lingkungan hidup dalam beberapa hari terakhir ini terus berkomunikasi dan berdiskusi hingga akhirnya bersepakat untuk lebih meningkatkan kolaborasi dan kerja sama.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Urung Marahi Kepala Unit Kebersihan dan Persampahan

Ke depan, akan diupayakan penempatan sarana dan prasarana bermain anak di area Taman Bungah serta penyediaan ruang literasi bagi anak-anak dan pengunjung. 

“Ini sebagai salah satu program bersama antara Dinas Lingkungan Hidup bersama para pegiat atau komunitas lingkungan hidup. 

BACA JUGA:Bantuan Beras Diharapkan Turunkan Harga di Pasaran Kabupaten Pemalang

Sementara itu, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja DLH dan berharap bisa terus ditingkatkan di tahun ini. Dia menekankan perlunya terus meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Tegal terhadap lingkungan baik melalui media sosial maupun media masa. 

Kategori :