Suka Buah Mengkudu? Berikut 5 Manfaat dan Efek Sampingnya

Kamis 24-08-2023,06:53 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Mengonsumsi buah-buahan memang tidak sembarangan, hal itu sebab ada yang baik bagi kesehatan akan tetapi jika mengonsumsi berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satunya yakni buah mengkudu, dimana buah yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi jika di konsumsi secara berlebihan akan berdampak tidak baik untuk tubuh kita.

Mengkudu merupakan buah yang berasal dari tanaman cemara tropis, bahkan buah ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh kita.

Bahkan buah mengkudu kaya akan kandungan antioksidan kuat seperti Vitamin C, A, B3 dan zat besi. Walaupun rasanya yang pahit akan tetapi buah mengkudu punya banyak manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Perkembangan Anak Kita

Efek Samping Jika Mengonsumsi Buah Mengkudu Berlebihan

Dimana ada beberapa perdebatan mengenai keamanan jus mengkudu untuk penggunaan medis, dan meskipun juga mungkin aman jika dikonsumsi sebagai minuman akan tetapi penggunaan jus atau ekstrak buah ini yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati kita.

Hal itu sebab tanaman mengkudu mengandung antrakuinon, dan ini adalah senyawa yang diketahui bersifat hepatotoksik atau beracun bagi hati dan karsinogenik.

Hal itulah sebabnya buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi orang dengan penyakit hati bahkan termasuk hepatitis C kronis dan hepatitis B. Selain itu dimana jus mengkudu juga tinggi kalium dan harus dihindari oleh orang dengan penyakit ginjal, jantung dan hati.

Bahkan buah ini juga tidak disarankan dikonsumsi bagi orang yang menjalani pengobatan dengan obat diuretik hemat kalium, penghambat enzim pengubah angiotensin atau penghambat reseptor angiotensin.

Bahkan jika kamu memiliki gangguan pendarahan harus menghindari penggunaan buah mengkudu karena dapat memperlambat pembekuan darah.

Hal tersebut karena buah mengkudu punya rasa pahit dan seringkali dibutuhkan banyak gula untuk melawan rasa pahitnya. Maka dari itu jika jus mengkudu mengandung gula tambahan berlebih bagi pengidap diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

BACA JUGA:Cara Mengonsumsi dan 3 Manfaat Minyak Buah Markisa yang Baik untuk Kulit

Selain itu buah mengkudu ini juga dapat berinteraksi dengan obat dan perawatan lain yakni seperti fenitoin, enzim hati UGT, obat-obatan kemoterapi dan terapi radiasi.

Dimana karena kurangnya penelitian mengenai keamanan buah mengkudu sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui atau anak-anak. Berikut adalah 5 manfaat buah mengkudu yang bagus untuk kesehatan, yakni antara lain:

Kategori :