7 Khasiat Buah Salam untuk Kesehatan Tubuh Kita

Senin 21-08-2023,16:09 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Menjaga kesehatan bagi tubuh adalah cara yang banyak dilakukan banyak orang, dimana caranya bisa mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran.

Bahkan mengatur pola makan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, dimana jika kita mampu mengontrol makanan akan berdampak bagi tubuh kita.

Salah satu buah yang bermanfaat untuk kesehatan yakni salam, bahkan buah salam bukan hanya daun saja yang bermanfaat akan tetapi daging juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Bukan hanya daunnya saja, akan tetapi buah salam juga memiliki manfaat kesehatan, dimana salah satunya mengatasi diare karena sifat antiseptiknya mampu membunuh bakteri dan parasit penyebab diare.

Buah salam termasuk buah-buahan yang jarang diketahui di Indonesia, bahkan pada umumnya jika mendengar salam maka yang familiar adalah daunnya.

Hal tersebut karena sering digunakan sebagai bumbu masakan, dan pada bagian buahnya ternyata kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat tradisional.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Bahkan jika kita minum rebusan air buah salam sebanyak tiga kali sehari diyakini bisa mengobati diare, hal tersebut karena kandungan asam lauratnya berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membasmi bakteri dan parasit penyebab diare.

Berikut 7 manfaat buah salam untuk kesehatan tubuh kita, yakni antara lain:

Sebagai Obat Maag

Hal tersebut karena ketidakseimbangan bakteri dalam saluran cerna bisa memicu asam lambung, dan buah salam mengandung sifat antibakteri sehingga bisa membasmi bakteri jahat yang ada di dalam lambung kita.

Bahkan dengan demikian maka gejala naiknya asam lambung bisa teratasi, dan kamu bisa mengonsumsi buahnya langsung atau meminum air rebusannya untuk memperoleh khasiat ini.

Sebagai Obat Radang

Radang tenggorokan terasa nyeri sehingga menyulitkan seseorang untuk menelan, dan buah salam ternyata bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional untuk menangani kondisi ini.

Hal tersebut karena sifat anti bakterinya dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, dan kamu bisa memakan buahnya langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi dan 5 Manfaat Buah Cermai bagi Kesehatan

Mampu Mengatasi Kolesterol

Adanya antioksidan yang terdapat pada buah salam mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini juga bermanfaat bagi seseorang yang sering mengalami kenaikan kadar kolesterol.

Maka dari itu jangan sepelekan naiknya kadar kolesterol karena bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, yakni mulai dari hipertensi, penyakit jantung sampai stroke.   

Bisa Memperlancar Aliran Darah

Jika kalian sering kram dan kesemutan adalah tanda kalau aliran darah sedang tidak lancar, hal itu sebab kandungan antioksidan dalam buah ini bisa memperlancar aliran darah.  

Mampu Mengelola Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis dan bisa memburuk seiring waktu, hal itu sebabnya bagi pengidapnya harus mengontrol pola makan seperti diet karbo dan berhenti mengkonsumsi makanan manis.

Maka dari itu buah salam termasuk buah-buahan yang aman karena minim kandungan glukosanya, bahkan kandungan antioksidan dalam buah ini membantu merangsang hormone insulin sehingga kadar glukosa lebih terkontrol.

Bisa Mengatasi Sembelit

Mengonsumsi buah salam secara rutin juga bisa mengatasi sembelit alias susah BAB, karena kandungan seratnya berfungsi meningkatkan pergerakan usus dan melunakan tinja sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Kalian juga perlu mengonsumsi buahnya secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Khasiat Kesehatan Bagi Tubuh Ketika Mengonsumsi Buah Kenari

Bisa Mengobati Asam Urat

Buah salam juga bisa mengurangi efek gejala asam urat dan terutama saat kondisinya kambuh. Hal tersebut karena kandungan antioksidannya yang membantu mengobati asam urat.

Dimana caranya yakni kalian rebus buah salam lalu minum airnya untuk mendapatkan manfaat ini.

Demikian pembahasan kita mengenai 7 manfaat buah salam untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :