Ini Dia 7 Cara Merawat Agar Kulit tidak Kering

Rabu 09-08-2023,14:38 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Menjaga kesehatan kulit kita agar tidak kering merupakan impian semua orang baik bagi laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut karena kulit menjadi bagian luar yang sering dipandang seseorang.

Bahkan banyak orang yang menginginkan kulitya nampak agar selalu sehat, dan bahkan kesehatan kulit juga tergantung bagimana cara kita merawatnya.

Kulit kering merupakan sebuah kondisi yang terjadi karena kurangnya jumlah cairan di lapisan epidermis kulit, bahkan beberapa penyebabnya adalah lingkungan yang kering, terlalu sering terpapar AC, kelembaban udara yang tidak seimbang dan kurangnya asupan protein yang membuat kulit kehilangan minyak alami.

Jika kita tanpa perawatan maka kulit kering bisa menjadi bersisik, dan beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kering adalah siku, tumit, lutut, betis, lengan dan untuk beberapa kasus area wajah.

Berikut adalah 7 cara agar kesehatan kulit kita terjaga, yakni antara lain:

1.   Minum Susu

Untuk cara yang pertama yakni selain menggunakan produk perawatan kulit kering yang mengandung susu, mengonsumsi susu juga dapat mengembalikan kekenyalan tubuh dan membuat kulit cerah.

Jadi bagi kalian mulai dari sekarang jangan males lagi untuk minum susu karena sangat berguna untuk kesehatan kulit.

2.   Jangan Terlalu Sering Mandi

Mungkin kamu menganggap mandi bisa membuat kulit bersih dan sehat tapi nyatanya kalau terlalu sering mandi, bisa mengakibatkan kulit kehilangan minyak alaminya.

Jadi sebaiknya mandi dengan durasi yang normal dua kali sehari dan gunakan pelembab setelah mandi.

3.   Hindari Mandi Air Panas

Pakar kesehatan kulit Andrea Lynn Cambio, MD menganjurkan untuk menghindari mandi air panas, dan sebaiknya air hangat saja dengan suhu suam-suam kuku.

Hawa panas akan menghalangi minyak alami tubuh sedangkan minyak alami tubuh justru memberikan kelembaban pada tubuh. Bahkan, kalaupun kalian mandi air hangat jangan terlalu lama batasi waktu maksimal 10 menit.

Setelah mandi kemudian tepuk-tepuk kulit dan oleskan pelembab kulit.

Kategori :