Laik Dicontoh! Dewan SMPN 1 Bumijawa Dibekali Eco Enzym

Rabu 09-08-2023,05:44 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Dewan SMP Negeri 1 Bumijawa mendapatkan pengetahuan terkat pemanfaatan cairan eco enzym yang multi fungsi dari kegiatan KKN Institut Pertanian Bogor ( IPB). Gelar sosialisasi pemanfatan sampah organik menjadi cairan ajaib yang multifungsi itu digelar disekolah tersebut, dengan tujuan mengajak warga sekolah memanfaatkan  sisa sampah organik  yang nantinya bisa diolah menjadi eco enzyme.

Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa H Muhaemin SPd menyatakan, sosialisasi dilakukan Tim KKN dengan tujuan untuk memanfaatkan sisa sampah organik yang nantinya akan diolah menjadi eco enzyme. Cairan alami serbaguna yang merupakan hasil fermentasi dari gula, sisa kulit buah atau sayuran segar dan juga air.

“Sampah organik menjadi salah satu problematika khususnya di SMP Negeri 1 Bumijawa yang belum mempunyai sarana prasarana tempat pengolahan sampah organik," ujarnya. 

Sosialisasi eco enzyme ini diikuti oleh para guru. Semua menyambut baik niat dari Tim KKN dan sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini setelah mengetahui berbagai manfaat yang dihasilkan dari eco enzyme.

"Manfaat yang dihasilkan dari cairan eco enzyme sendiri antara lain, sebagai pupuk organik, pencuci piring, penyegar udara, pencuci pakaian, pengepel lantai, obat kumur dan disinfektan," cetusnya

Kategori :