Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Sabtu 05-08-2023,16:01 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Berikut ini ada beberapa minuman untuk dehidrasi yang terbaik dan dapat membantu tubuh supaya cepat terhidrasi kembali.Ayo simak!

1. Air

Walaupun ini tidak mengherankan, air putih menjadi solusi yang terbaik dan murah untuk tetap terhidrasi dan rehidrasi. Sehingga ini adalah salah satu minuman untuk dehidrasi yang baik.

Tidak seperti banyak jenis minuman lain, air putih tidak mengandung gula atau kalori tambahan. Sehingga sangatlah ideal untuk diminum sepanjang hari atau saat tubuh perlu rehidrasi, contohnya saat setelah berolahraga.

Perlu dicatat bahwa berbagai faktor, termasuk genetika, menyebabkan beberapa orang kehilangan lebih banyak natrium melalui keringat daripada yang lain. Anda mungkin menjadi "salty sweater" jika sering mengalami kram otot saat berolahraga atau jika keringat menyengat mata.

Jika salah satu dari hal tersebut dialami oleh Anda pastikan untuk mengganti tidak hanya cairan yang hilang melalui keringat tetapi juga natrium. Terutama setelah latihan intens atau lama di lingkungan yang panas.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Ternyata Mengandung Gula Tinggi

2. Air Kelapa

Tidak seperti jus lainnya, air kelapa tanpa rasa mempunyai kandungan gula dan kalori yang rendah. Dalam satu gelas jus buah ini memiliki kalori dua kali lebih banyak daripada air kelapa. Air kelapa sudah lama populer digunakan untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau penyakit seperti diare.

Melansir Mayo Clinc, air kelapa mempunyai elektrolit alami, seperti kalium, natrium, dan mangan. Namun jumlahnya dapat bervariasi sebab perubahan yang terjadi pada air kelapa saat kelapa matang.

Meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa air kelapa mungkin sebanding dengan minum minuman olahraga, ada juga bukti bahwa air kelapa mungkin tidak lebih efektif daripada minum air biasa.

3. Susu Skim dan Rendah Lemak

Susu skim dan susu rendah lemak, ternyata bisa menjadi minuman untuk dehidrasi. Sebab tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang tinggi, namun susu secara alami mengandung elektrolit konsentrasi tinggi, yang membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu skim dan susu rendah lemak membuat tubuh kembali terhidrasi, sehingga cocok diminum setelah olahraga yang intens, sembari memberikan manfaat protein dan nutrisi penting lainnya.

Melansir Healthline, protein berkualitas tinggi dalam susu juga menjadikan minuman ini. Sebagai minuman pasca-latihan yang ideal untuk memulai perbaikan otot dan proses pembangunan kembali.

Tags : #minuman
Kategori :