Daya Tarik Menyusuri Sungai yang Menyenangkan di Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Rabu 02-08-2023,00:47 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Terlepas dari kisah legenda dan sejarah yang ada di wisata Goa Pindul, tempat ini juga mempunyai daya tarik yang sangat menyenangkan untuk kita coba.

Bahkan daya tarik ini juga sangat cocok jika kalian datang dengan mencobanya bersama besti kalian maupun teman kerja. Goa Pindul merupakan salah satu kekayaan wisata yang tidak diragukan lagi dengan keindahannya, bahkan tidak bisa dibandingkan dengan keindahan alam baik di dalam maupun di luar negeri.

Tempat ini menjadi wisata andalan warga Yogyakarta yang pamornya terus melejit bagaikan roket yang terbang dengan kecepatan tinggi, dan disepanjang goa ini ada aliran air yang begitu jernih dan pastinya juga dingin.

Tetapi inilah yang menjadi daya tarik Goa pindul yang dimana para pengunjung bisa untuk melakukan aktifitas Cave Tubing, istilah keren dari Cave tubing adalah susur sungai dengan menggunakan pelampung dengan tingkat keamanan sesuai dengan standar Internasional.

Jadi bukan rafting seperti yang ada di magelang, hal tersebut karena jika rafting memerlukan arus air yang cukup deras sementara arus air disini cukup tenang. Jangan kaget bila di tempat ini banyak kelelawar yang akan terbang ke sana kemari.

Seperti sebuah sambutan selamat datang untuk para wisatawan yang datang, para kelelawar ini akan berkolaborasi dengan ornament gua yang akan terlihat seperti sebuah lukisan.

Ruangan ini mempunyai sebuah lubang yang memungkinkan untuk sinar matahari masuk ke dalamnya.  Sehingga memunculkan sebuah pemandangan yang fantastis, dan tempat inilah yang biasa dipakai sebagai salah satu spot foto para wisatawan.

Untuk panjang kawasan wisata ini kurang lebih 350 meter dengan lebar mencapai 5 meter.  Ada 3 zona yang akan dilalui oleh para wisatawan dan untuk zona tersebut yakni, ada Zona terang, Zona remang, dan juga Zona gelap yakni yang dimana perjalanan akan dimulai dari Zona Terang.

Kemudian memasuki Zona remang, hingga pada akhirnya akan memasuki Zona gelap yang mengesankan dan mampu membuat jantung para pengunjung berdebar serasa mau copot.

Lokasi Wisata Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Petunjuk Jalan Menuju Wisata Goa Pindul

Untuk mencapai tempat wisata ini sebenarnya cukup mudah para pengunjung hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju jalan wonosari, kemudian berjalan lurus kearah pathuk dan wonosari.

Jika sudah sampai di bundaran simpang empat yaitu bundaran Siyono dengan ciri mempunyai bangunan air mancur di tengah-tengahnya, maka lurus terus hingga menemukan perempatan besar.

Dari perempatan ini belok ke kiri menuju ke Desa Bejiharjo, dan setalah mencapai desa ini para pengunjung akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan menjadi pemandu.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan harga yang ditawarkan sangat beragam mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 untuk asuransi, guide, rompi, ban pelampung, dengan pilihan paket Cave tubing yang bisa dipilih membuat pesona Goa pindul ini begitu mengesankan.

Menyusuri Goa ini akan menjadikan sebuah pengalaman yang cukup menarik, yakni pengalaman yang berharga yang tidak akan pernah terlupakan. Apalagi guide-guide yang ramah dan sangat bersahabat.

Mereka pun dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan dan mampu membuat suasana menjadi pecah dan meriah. Bahkan kalian akan merasakan nikmatnya bisa berkeliling sungai disini.

BACA JUGA:Goa Pindul: Wisata yang Penuh Sejarah dan Legenda di Yogyakarta

Demikian itulah pembahasan kita mengenai daya tarik menyusuri sungai di kawasan wisata Goa Pindul yang sangat menyenangkan, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :