Kalau Anda Masih Bingung Melakukan Kegiatan Apa Di Hari 17 Agustus Nanti, Intip Rekomendasinya Di Bawah Ini.

Sabtu 29-07-2023,12:31 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Tak terasa bentar lagi sudah Mau memasuki Agustus, bulan yang cukup spesial bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan.

Bulan Agustus di setiap tahunnya selalu jadi bulan yang meriah di Indonesia karena seluruh warga di berbagai penjuru Indonesia sangat antusias untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bukan hanya menghias dan mendekorasi kampung dan tempat tinggal dengan berbagai pernak-pernik dan atribut khas 17-an, di beberapa daerah juga biasanya sering diselenggarakan tradisi lainnya yang membuat perayaan semakin meriah.

Daftar Lomba 17 Agustusan yang Menarik Diadakan 1. Lomba Panjat Pinang

 

Lomba panjat pinang merupakan salah satu lomba yang banyak dinantikan setiap orang pada perayaan 17 Agustus.

 

Pada lomba ini, para peserta dalam sebuah kelompok akan bekerja sama untuk memanjat batang pohon pinang yang licin karena telah diberi oli. Agar dapat mengambil hadiah yang menarik, peserta harus berusaha dan memanjat sampai puncak. 

 

Dari usaha keras mereka, biasanya muncul ekspresi-ekspresi lucu dan kejadian tak terduga dari para pemanjat. Tak jarang, hal tersebut malah membuat penonton tertawa.


2. Estafet Air

Lomba estafet air dilakukan secara berkelompok dengan jumlah peserta lima hingga tujuh orang. Semua peserta kelompok harus duduk berbaris ke belakang dengan memegang wadah di bagian kepala.

Aturan main dalam lomba ini yaitu peserta yang paling depan harus menuangkan air ke peserta yang di belakang tanpa menoleh. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil mengumpulkan air paling banyak.

3. Makan Pisang

Lomba makan pisang ini tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Perlombaan ini dilakukan oleh sepasang peserta. Setiap pasangan akan ditempatkan dalam tempat yang berbeda, di garis start dan finis.

Aturan mainnya yaitu, peserta yang berada di garis start akan ditutup matanya kemudian berjalan menuju peserta yang berada di garis finis untuk menyuapkan pisang yang dibawanya.

Pemenang lomba ini adalah mereka yang lebih dahulu berhasil menyuapkan pisang ke peserta yang menjadi pasangannya yang berada di garis finis.

BACA JUGA :

 
Nah, Di Bulan Agustus Ini, Ada Berapa Banyak Hari Libur? Simak Yuk ! 4. Balap Karung Pakai Helm

Lomba balap karung sering diadakan pada perayaan 17 Agustus. Setiap peserta akan berlomba mencapai garis finish dengan menggunakan karung.

Untuk menambahkan keseruan dan kelucuan dalam lomba ini, panitia biasanya menyediakan helm sebagai properti lomba.

5. Lomba Joget Balon

 dapat Anda masukkan ke dalam daftar lomba pada perayaan 17 Agustus nanti. Lomba ini dimainkan oleh dua orang peserta.

Konsep dan aturan mainnya yaitu setiap pasangan peserta mengapit balon yang ditaruh di wajah dan mempertahankannya agar tidak lepas dan jatuh.

Saat musik diputar, semua peserta harus berjoget. Peserta yang menang adalah mereka yang berhasil menjaga balon tidak jatuh atau meletus hingga perlombaan selesai.

6, Lomba Memasukan Cabai

Jenis lomba ini memiliki konsep yang hampir sama dengan lomba memasukkan paku ke dalam botol. Bedanya hanya pada media yang digunakan yaitu berupa cabai merah.

Lomba ini jauh lebih seru jika dilakukan dalam tim karena tingkat kesulitannya menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan bermain sendiri.

Cara mainnya yaitu setiap kelompok yang terdiri atas minimal 3 orang akan diikat oleh tali. Tali tersebut akan berpusat pada sebuah cabai yang telah diikat.

Peserta lomba tidak boleh memegang cabai maupun tali tersebut. Selain itu, peserta harus saling membelakangi saat memasukkan cabai ke dalam botol. Yang kompak dan duluan berhasil memasukkan cabai ke botol, itulah pemenangnya.

6. Tarik Tambang

Ide lomba 17 Agustus 2022, tarik tambang (CNN Indonesia/Daniela)

Tarik tambang adalah perlombaan yang identik dengan 17 Agustus. Lomba ini sangat seru untuk dimainkan. Lomba tarik tambang dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masing terdiri atas lima hingga sepuluh orang.

Kemudian, kedua tim akan dihadapkan untuk menarik tali tambang yang telah disediakan. Pemenang lomba ini adalah peserta yang berhasil menarik tambang sehingga lawan melewati batas. Tak jarang banyak peserta rela terjatuh demi memenangkan lomba ini.

7. Merias Wajah dengan Mata Tertutup

Lomba merias wajah terlalu biasa jika dilakukan dengan mata terbuka. Untuk menambah tingkat kesulitan, para peserta lomba akan merias dengan ditutup kedua matanya.

Lomba ini biasanya diikuti oleh perempuan dan ibu-ibu, namun akan jauh lebih seru jika peserta yang merias diikuti oleh laki-laki.

Pasalnya, hanya sedikit laki-laki yang mengerti tentang konsep merias jika dibandingkan perempuan. Pemenang lomba ini akan dinilai berdasarkan hasil riasan yang paling rapi dan menarik.

8. Menangkap Belut

Sekilas lomba ini terlihat biasa, namun sebenarnya lomba ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sebab, belut sangat licin untuk ditangkap dengan tangan kosong.

Konsep lomba ini, peserta harus memindahkan belut dari satu tempat ke tempat yang lain dengan jarak yang telah diatur oleh panitia. Ini tentu saja membuat peserta semakin kesulitan untuk membawa belut yang licin, sehingga tak jarang banyak belut yang jatuh karena sulit untuk dipegang.

9. Adu Bakiak

Bakiak merupakan permainan tradisional Indonesia yang terbuat dari kayu bertali karet. Umumnya sepasang bakiak memiliki tiga hingga lima pasang sandal untuk dimainkan.

Permainan tradisional ini dapat dijadikan sebagai ide lomba saat 17 Agustus nanti.

Aturan mainnya yaitu setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak pada lintasan yang telah ditentukan. Pemenang lomba ini tentu saja mereka yang berhasil mencapai garis finish lebih dahulu.

10. Joget Balon

Lomba joget balon dapat Anda masukkan ke dalam daftar lomba pada perayaan 17 Agustus nanti. Lomba ini dimainkan oleh dua orang peserta.

Konsep dan aturan mainnya yaitu setiap pasangan peserta mengapit balon yang ditaruh di wajah dan mempertahankannya agar tidak lepas dan jatuh.

Saat musik diputar, semua peserta harus berjoget. Peserta yang menang adalah mereka yang berhasil menjaga balon tidak jatuh atau meletus hingga perlombaan selesai.

 

Inilah Rekomendasi Lomba 17 agustus Yang di Adakan Semoga Bermanfaat. (*)

 

Tags : #perayaan 17 agustus 1945 #lomba 17an #17 agustus 1945
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini