Curug Sibedil Pemalang: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk serta Pesona Keindahannya

Jumat 28-07-2023,21:45 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Objek wisata alam berupa air terjun yakni curug Sibedil Pemalang, merupakan salah satu destinasi wisata air terjun tak pernah sepi pengunjung, lantaran air terjun ini memang senantiasa menarik perhatian lokal maupun wisatawan mancanegara. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut informasi lengkap mengenai Curug Sibedil

Sejarah Penamaan Curug Sibedil

Curug Sibedil terdiri dari dua kata yakni Curug dan Sibedil. Curug artinya adalah air terjun, sedangkan sibedil diambil dari kata Bedil yang artinya senapan.

Tak jauh dari lokasi Curug Sibedil terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti moncong senapan. Oleh karena itu air terjun yang lokasinya tak jauh dari ditemukannya batu tersebut diberi nama Curug Sibedil.

Satu hal lain yang berkembang di masyarakat mengenai batu tersebut ialah konon katanya pada zaman dahulu setiap malam Jum’at Kliwon selalu terdengar suara tembakan dari batu tersebut.

Kejadian tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya, karena sampai saat ini batu tersebut tidak pernah mengeluarkan suara apapun.

Namun, kita harus selalu menghormati dan menghargai apa yang sudah berkembang di masyarakat, dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Alamat dan Rute Lokasi

Menjadi obyek wisata populer di Kab. Pemalang Jawa Tengah, destinasi Curug Sibedil dilengkapi dengan akses jalan yang baik.

Sehingga perjalanan liburan anda menuju air terjun satu ini tidak akan mengalami kesulitan.

Untuk alamat lengkap obyek wisata Curug Sibedil berada di Dusun Karangbulu, Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Anda bisa explore destinasi wisata alam air terjun Sibedil satu ini menggunakan kendaraan, baik motor maupun mobil. Untuk jaraknya sendiri, Curug Sibedil dari pusat kota Pemalang kurang lebih 43 km.

Ketika anda inginkan perjalanan liburan yang semakin mudah menuju Curug Sibedil dengan rute terbaik.

Cobalah mengakses lewat google maps untuk lebih memudahkan anda.

BACA JUGA:Pantai Nyang Nyang: Pantai Indah dengan Julukan Surga Tersembunyi yang Ada di Bali

Harga Tiket Masuk Curug Sibedil

Destinasi wisata alam di Indonesia nyatanya bisa anda explore dan jelajah keindahan alamnya dengan biaya terjangkau. Salah satu tarikan wisata murah di Pemalang yaitu air terjun Sibedil.

Untuk harga tiket masuk obyek wisata Curug Sibedil Pemalang sendiri yaitu Rp.5.000/orang, sangat terjangkau untuk kantong para pengunjung.

Untuk biaya tambahan yang harus anda keluarkan ketika explore pesona alamnya yaitu retribusi parkir wisata.

Dengan biaya parkir kendaraan Curug Sibedil Jawa Tengah yaitu Rp.3.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp.5.000.

(Harga tiket masuk destinasi wisata air terjun Sibedil Pemalang bisa berubah-ubah setiap waktu).

Anda bisa explore pesona keindahan alamnya bersama orang tercinta kapan saja. Karena destinasi wisata air terjun Curug Sibedil buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Jadi para wisatawan bisa puas bermain, jelajah keindahan dan explore sudut instagenic dari destinasi Pemalang satu ini.

Jangan sampai anda melewatkan keseruannya untuk mendapatkan sensasi perjalanan liburan yang tak terlupakan di Kabupaten Pemalang.

Pesona Keindahan Curug Sibedil

Curug Sibedil berada di lembah Gunung Slamet dan memiliki ketinggian sekitar 10 meter, aliran airnya bukan hanya satu tapi menyebar di sepanjang tebing yang ada.

Aliran air terjunnya terdiri dari aliran yang besar diiringi dengan beberapa aliran air yang kecil di sekitarnya.

Airnya mengalir dengan cukup deras dan bersih. Dibawahnya terdapat sebuah kolam penampungan yang cukup besar dan luas.

Dikelilingi dengan pepohonan yang berjajar dengan rapih, suara deburan air terjun yang rame, airnya yang sejuk serta udaranya yang bersih seakan membayar rasa lelah kamu.(*)

Kategori :