Inilah 8 Jenis Bunga yang Sering Dijadikan Aroma untuk Parfum, Ada Wangi Parfum Milikmu?

Sabtu 15-07-2023,19:45 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Bunga seringkali dijadikan salah satu alat untuk mengungkapkan perasaan. Mulai dari kesetiaan, permohonan maaf, sampai dengan tanda cinta, bunga dapat digunakan untuk mewakilinya.

Bukan hanya itu, keistimewaan bunga juga membuatnya dimanfaatkan sebagai aroma wewangian, seperti untuk parfum dan aroma terapi.

Khusus untuk parfum, beberapa jenis bunga memang menjadi sangat khas hingga banyak digemari.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa macam bunga yang sering dijadikan aroma untuk parfum.

1. Bunga Mawar

Dikenal sebagai ratunya bunga, banyak orang kemudian menganggap Mawar primadona untuk berbagai alasan. Mulai dari hadiah karangan bunga untuk orang tersayang, aroma terapi, sampai mandi kembang pun seringkali memakai Mawar.

Jenis mawar yang paling popular adalah Mawar Hibrida dari Belanda, tapi tipe Hybrid Tea dan Medium pun tidak kalah banyak peminatnya.

Hal ini sebenarnya wajar saja sebab baik dari warna ataupun aromanya, Mawar memang sangat menarik. Bahkan Mawar pun memiliki sifat afrodisiak alami yang lekat dengan image menggairahkan.

2. Sweet Pea

Jenis bunga Sweet Pea memiliki keharuman bunga yang sangat tajam. Bunga ini menghasilkan aroma yang sangat manis dan segar.

Bunga ini merupakan jenis tanaman rambat yang memiliki bunga sangat cantik berwarna ungu dan pink dengan bentuk yang unik dan khas .

Sweet Pea memiliki ketinggian antara 1-2 meter. Sejak lebih dari 300 tahun silam, tanaman dengan bunga mirip bunga kacang polong manis ini telah banyak dikembangbiakkan sebagai tanaman hias.

Warna dari bunga sweet pea ini bermacam-macam, mulai dari berwarna merah menyala sampai bercampur warna pink, atau putih kekuningan ditambah kombinasi keduanya.

3. Bunga Melati

Bunga jasmine atau lebih dikenal dengan nama bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer di Indonesia. Melati merupakan bunga hias dari jenis tanaman perdu yang memiliki bunga berbentuk bintang kecil, ada yang tunggal maupun susun dengan warna putih bersih.

Selain bunga mawar, bunga melati juga sering dijadikan wewangian alami. Tanaman yang termasuk ke dalam jenis bunga jasminum ini kurang lebih memiliki 300 spesies.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 15 meter dan merupakan jenis tanaman merambat.

Beberapa jenis bunga melati yang sering diambil minyak atsirinya antara lain jasminum nitidum, jasminum sambac, jasmine grandiflorum dan jasmine officinal. Bau harum yang dihasilkan dari melati ini biasanya beraroma fresh dan menyegarkan.

4. Geranium

Geranium merupakan tumbuhan yang memiliki bunga dengan aroma seperti buah apel dan stroberi. Habitat asli tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan, bunganya memiliki berbagai macam kelopak mulai dari putih, merah muda dan ungu.

Khusus untuk jenis pelargonium odoratissimum dan fringed apple, keduanya memiliki aroma apel yang kuat.

BACA JUGA:Inilah 7 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2023, Ada Mobil Impianmu?

5. Freesia

Memiliki aroma seperti buah stroberi, jenis bunga freesia disimbolkan sebagai kemurnian dan kepercayaan. Bunga freesia akan tumbuh dan mekar dengan baik dalam cuaca yang sejuk.

Selain wanginya yang kuat, bunga freesia seringkali dijadikan bunga potong, karena memiliki warna kelopak yang cantik seperti biru, ungu, oranye, merah muda dan merah.

6. Magnolia

Magnolia merupakan jenis bunga yang akan cepat tumbuh di musim semi. Memiliki sekitar 304 spesies, bunga magnolia memiliki aroma seperti buah pisang.

Ukuran dari pohon magnolia mulai dari 4 meter hingga 24 meter, tergantung jenis yang ditanam. Dari kejauhan, bunga ini mirip seperti bunga sakura yang tumbuh di Jepang.

7. Bunga Lily of the valley

Berikutnya, bunga Lily yang dikenal sebagai simbol kemurnian cinta. Bentuk bunga ini seperti lonceng, kecil imut menggantung, dan berwarna putih berbintik buram kemerahmudaan.

Selain itu, aroma memikat dari bunga Lily sering dijadikan salah satu bahan membuat parfum dan produk kosmetik untuk wanita.

8. Bunga Sedap Malam

Tanaman asli dari Meksiko ini termasuk family dari Amaryillidaceae. Tinggi batang bisa mencapai 1,8 meter, dan memiliki akar tinggal di bawah tanah. Warnanya putih persih dan mengeluarkan harum semerbak di waktu malam.

Minyak asiri yang dihasilkan bunga sedap malam bisa diambil untuk pembuatan kosmetik dan parfum. Selain itu, kandungan yang ada di dalam bunga adalah methyl benzoate, methyl anthranilate, benzyl benzoate, methyl salicylate, benzoil acid dan ketone.

Aroma manis yang sangat kuat diciptakan dari ekstrak minyak sedap malam. Karena itu, ia banyak digunakan dalam pembuatan parfum, terutama parfum dengan tipe oriental.(*)

 

 

Kategori :