Wonosobo di Kelilingi oleh 5 Gunung Sangat Cocok Untuk Hiking dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Rabu 12-07-2023,17:01 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Wonosobo di Kelilingi oleh 5 Gunung Sangat Cocok Untuk Hiking dengan Pemandangan yang Menakjubkan

DISWAYJATENG.ID - Membicarakan tentang Wonosobo tidak akan ada habisnya, mulai dari tempat wisata, pemandangan alamnya, kulinernya sampai dengan gunung-gunung nya.

Untuk dataran Tinggi Dieng sendiri berada pada 1600 sampai 2100 mdpl, inilah yang menjadikan Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu udara 0 derajat celcius

Selain Dataran Tinggi Dieng, terdapat pula beberapa gunung yang mempunyai panorama pemandangan alam yang menakjubkan dan wajib kamu datangi. 

BACA JUGA: Anda Penasaran dengan Destinasi Wisata di Dieng Plateau, Berikut ini yang Bikin Kamu Takjub

Berikut ini merupakan lima gunung yang memiliki panorama alam yang menakjubkan:

1. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro menyebutnya juga dengan Sindara atau Sundoro merupakan sebuah gunung vulkano aktif  yang berada di Jawa Tengah.  Gunung Sindoro ini letaknya berdampingan dengan Gunung Sumbing dan mempunyai ketinggian 3.150 mdpl.

Gunung Sindoro yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, gunung ini mempunyai kawah yang besar yang menyebutnya dengan ‘Kembang’, kawah ini memiliki lava kecil yang ada di puncak Gunung Sindoro.

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan gunung yang mempunyai ketinggian 3.340 meter di atas permukaan air laut yang menjadikannya sebagai gunung yang tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Gunung yang terletak pada tiga wilayah kabupaten di Jawa Tengah ini yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang. Gunung Sumbing ini berjenis stratovolcano dan tercatat pernah meletus pada tahun 1730.

3. Gunung Prau

Gunung Prau atau menyebutnya dengan Gunung Prahu merupakan wisata alam yang berada di dataran tinggi Dieng. Gunung Prau mempunyai ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut.

Gunung Prau menjadi gunung paling favorit pada kalangan pendaki bagi yang pemula,karena Gunung Prau mempunyai medan yang tidak terlalu sulit, selain itu Gunung Prau juga menyajikan panorama dan pemandangan alam yang sangat indah.

Kategori :