Tak Hanya Jadi Tanda Kasih Sayang, Berikut Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Minggu 09-07-2023,12:32 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Tak Hanya Jadi Tanda Kasih Sayang, Berikut Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan. Cokelat  adalah produk yang dihasilkan dari biji kakao yang diproses dan dicampur dengan bahan lain seperti gula, mentega, dan susu.

Makan cokelat dalam jumlah yang moderat dan dengan kandungan kakao yang tinggi dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Mungkin kita sering mendengar bahwa manfaaat makan coklat yang bisa kita rasakan langsung adalah kita akan jauh lebih baik keadaannya dibanding sebelumnya, dan hal tersebut benar.

Tidak heran apabila coklat sering dibeli untuk tanda kasih sayang karena memiliki manfaat yang sangat signifikan untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat makan cokelat bagi kesehatan yang telah didukung oleh penelitian:

1. Sumber antioksidan

cokelat sebagai sumber antioksidan merujuk pada kandungan flavonoid dalam cokelat. Flavonoid adalah jenis senyawa antioksidan yang ditemukan dalam berbagai makanan tanaman, termasuk biji kakao yang digunakan untuk membuat cokelat.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh serta menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Cokelat, terutama jenis cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao yang tinggi, mengandung flavonoid dalam jumlah yang signifikan. Flavonoid ini memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

pada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam secara moderat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat ini terkait dengan konsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi, bukan semua jenis cokelat.

Flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan pembuluh darah. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Flavonoid dalam cokelat hitam juga dikaitkan dengan meningkatkan elastisitas dan fleksibilitas pembuluh darah. Hal ini penting karena pembuluh darah yang fleksibel dapat mengalirkan darah dengan lebih baik dan mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood dan relaksasi

cokelat yang dapat meningkatkan suasana hati merujuk pada kemampuan cokelat untuk merangsang pelepasan endorfin dalam tubuh. Endorfin adalah hormon yang diproduksi oleh sistem saraf untuk menghasilkan perasaan senang dan nyaman. Cokelat mengandung senyawa seperti feniletilamin yang dapat merangsang pelepasan endorfin dalam otak. Endorfin dapat memberikan efek perasaan senang, euforia, dan relaksasi.

Cokelat juga mengandung senyawa anandamide, yang dijuluki "molekul kebahagiaan." Anandamide dapat meningkatkan perasaan kesenangan dan kebahagiaan.

BACA JUGA:Bikin Betah! 8 Rekomendasi Warna Cat yang Bikin Suasana Rumah Adem

4. Sumber energi

Cokelat mengandung gula dan lemak yang memberikan energi cepat. Ini dapat bermanfaat saat merasa lelah atau membutuhkan dorongan energi.

5.Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Flavonoid dalam cokelat juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan belajar dan memori.

Meskipun cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengingat beberapa hal:

  • ‌Pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi (minimal 70%) dan rendah gula tambahan.
  • Konsumsilah cokelat dengan bijak dalam jumlah moderat, karena masih mengandung kalori yang cukup tinggi.
  • Hindari mengonsumsi cokelat dalam jumlah berlebihan, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau intoleransi terhadap cokelat.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena cokelat dapat berinteraksi dengan beberapa obat.(*)
Kategori :