Siapa Sngka, Ciplukan Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Cek Berikut Ini!

Selasa 27-06-2023,12:53 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG.ID - Siapa sangka, ternyata ciplukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Ciplukan, juga terkenal sebagai Physalis angulata atau ceremai liar, adalah tanaman herbal yang umumnya ditemukan di wilayah tropis dan subtropis. Buah ciplukan telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat herbal untuk berbagai kondisi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan ciplukan:

1. Antiinflamasi

Ekstrak ciplukan diketahui memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam pengobatan kondisi inflamasi seperti arthritis, asma, dan penyakit radang usus.

2. Antikanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan potensi aktivitas antikanker dari ekstrak ciplukan. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam buah ini diketahui memiliki sifat antitumor dan dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Ciplukan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, dan radang usus.

4. Menyokong sistem kekebalan tubuh

Buah ciplukan mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, yang merupakan antioksidan yang kuat dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah ciplukan secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

5. Menjaga kesehatan mata

Buah ciplukan mengandung lutein dan zeaxanthin, dua pigmen yang penting untuk kesehatan mata. Pigmen ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mempromosikan kesehatan mata secara keseluruhan.

Meskipun ciplukan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa bukti ilmiah yang kuat masih terbatas.

BACA JUGA:Anda Terkena Aleri Dingin? Inilah Gejala, Penyebab da Cara Penanganannya!

Sebelum menggunakan ciplukan sebagai pengobatan alternatif, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli herbal atau profesional kesehatan terkait untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Kategori :