Dilantik Langsung dari Mekah, Mohamad Sidik Jadi Pj Sekda Pemalang Keempat Kalinya

Kamis 22-06-2023,11:33 WIB
Reporter : Ismail F
Editor : Ismail F

PEMALANG, DISWAYJATENG - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat melantik Penjabat (Pj) Sekda Mohamad Sidik di Command Room Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Diskominfo, Selasa malam , (20/6). Acara pelantikan dilakukan secara daring atau zoom, langsung dari Tanah Suci Mekkah.

Hadir dalam acara pelantikan Wakil Ketua DPRD Khodori, Ketua Komisi A Edi Susilo dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) MA Puntodewo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) Niwayan Asrini dan Kepala Dinas Perhubungan Mu'minun. 

Pelantikan Pj Sekda Mohamad Sidik yang keempat kalinya, beda dengan acara pelantikan sebelumnya. Karena kali ini, dilantik saat Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat sedang berada di Tanah Suci Mekkah untuk melakukan ibadah haji.

Sehingga pelantikan dilakukan secara daring atau zoom. Meski mengalami gangguan sinyal karena jarak yang cukup jauh, namun acara pelantikan berjalan lancar dan penuh hidmat. Tidak hanya itu, sebagai petugas yang memegang Alqur'an saat pengambil sumpah dan janjinya juga langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Rozikun.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan acara pelantikan ini luar biasa dan beda dengan sebelumnya. Bahkan sangat sepesial dilakukan langsung dari Mekah. 

"Mungkin dalam sejarah baru kali ini, pelantikan dilakukan langsung dari tanah Kharom Mekah," katanya. 

Plt Bupati Mansur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia

Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah dan Surat Gubernur Jawa Tengah tanggal 20 Juni 2023 nomor : 821/209 perihal Persetujuan Perpanjangan Masa

Jabatan Pj Sekda Kabupaten Pemalang, maka Mohamad Sidik untuk dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan. Selain untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang.

Plt Bupati Mansur Hidayat atas nama atasn ama Pemerintah Kabupaten Pemalang, mengucapkan terima kasih kepada Mohamad Sidik atas pengabdian dan jasa-jasanya selama melaksanakan tugas jabatan sebagai Pj Sekda selama 3 periode. 

"Karena saya percaya sepenuhnya, kepada Bapak Mohamad Sidik mampu membantu tugas saya dalam menjalan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Pemalang," ujarnya.

Sebelumnya mengakhiri sambutannya, Mansur Hidayat berpesan pelantikan Pj Sekda ini sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan pejabat, sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif. Proses seleksi masih berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Kepada Pj Sekda agar menguatkan koordinasi internal mulai dari perangkat daerah, instansi terkait, sampai dengan desa/kelurahan untuk menyelaraskan program-program pembangunan. Sehingga akan tercapai secara maksimal. 

"Sebab masih banyak indikator-indikator program pembangunan daerah yang belum tercapai maksimal. Sehingga ke depan agar dicermati dan ditindaklanjuti kembali dengan matang tidak hanya secara umum tapi harus detail," jelasnya.

Kategori :