Anda Harus Tahu, Begitu Pentingnya Fashion Forecaster Dalam Trend Fashion

Selasa 20-06-2023,15:13 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID - Anda Harus Tahu, Begitu Pentingnya Fashion Forecaster Dalam Trend Fashion. Trend fashion merupakan style atau gaya berbusana yang berada dalam posisi puncak, dan oleh masyarakat paling menyukainya. Dunia trend fashion tidak lepas dari dasar-dasar pendidikan fashion design. 

Hanya saja menambahkannya dengan kepekaan atau kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Ini adalah faktor yang sangat penting sehingga kita bisa menggabungkan ilmu dan kepekaan untuk membaca trend fashion. 

Trend fashion merupakan style atau gaya berbusana yang berada dalam posisi puncak, dan oleh masyarakat paling menyukainya. Sehingga penerimaan style ini oleh masyarakat mengalami perubahan dari masa ke masa. 

Faktor yang mempengaruhi trend fashion yaitu sosial media, dunia entertainment, media internet, dunia bisnis, dunia musik dan gaya hidup serta karakter masyarakat. 

Demikian pula Afif Ghurub Bestari, M.Pd dan Kusminarko Warno, M.Pd mengatakannya dalam studi independent yang melaksanakannya secara daring dan luring pada Fakultas Teknik UNY, Kamis (3/3).

Anda Harus Tahu, Begitu Pentingnya Fashion Forecaster Dalam Trend Fashion

Menurut Afif dalam dunia fashion ini seseorang yang bisa memprediksi trend untuk masa depan menyebutnya sebagai Fashion Forecaster. Yaitu seseorang yang bisa meramalkan trend yang akan datang berdasarkan insting dan mendukungnya dengan analisa terhadap kehidupan sehari-hari.

“Biasanya seorang fashion forecaster ini membaca trend fashion dengan cara melakukan berbagai riset pasar terhadap sebuah busana.Dan telah mengeluarkannya pada tahun-tahun sebelumnya” katanya. 

Selain itu fashion forecaster ini juga mengumpulkan banyak berbagai informasi yang berkaitan dari semua aspek kehidupan. Dan bukan hanya tentang fashion design namun juga tentang interior, lingkungan hidup, tempat favorit, berita aktual, teknologi, musim dan lain-lain. 

Kusminarko Warno menambahkan pula setelah pengumpulan informasi yang dirasakan cukup. seorang fashion forecaster akan melakukan analisa untuk membuat perkiraan trend pada masa yang akan datang. 

Harus Bisa Mengetahui Fashion Trend yang akan datang

Tahap ini adalah tahap terpenting karena membutuhkan kepekaan dan konsentrasi yang tinggi agar dapat menghasilkan imajinasi tentang trend yang akan datang. 

Ramalan trend yang menuangkannya dalam bentuk buku maupun sebuah situs berguna sekali untuk membantu dalam industri fashion seperti retailers, garment, designer dan lain-lain. 

“Mereka ini membutuhkan perkiraan trend untuk menentukan langkah produksi yang akan datang sehingga masyarakat luas bisa menerimanya ” papar Kusminarko. Kegiatan studi independent ini adalah kerjasama UNY dengan Sekolah Ekspor. 

Menurut penanggungjawab kegiatan Yosep Efendi, M.Pd kegiatan studi independent ini dengan sekolah ekspor dan sudah berlangsung sejak tahun 2022.

Kategori :