Catat! Ganjar Dijadwalkan Hadiri Puncak Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal

Senin 05-06-2023,15:22 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M Sekhun

SLAWI (Disway Jateng) - Puncak Hari Lingkungan Hidup tingkat Provinsi Jawa Tengah dijadwalkan akan dilangsungkan diareal Taman Rakyat Slawi Ayu ( Trasa) tanggal  21 Juni 2023 mendatang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan hadir dalam perhelatan tersebut dan melakukan aksi tanam tanaman langka di lokasi Taman Bungah.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Muchtar Mawardi SKM, M.Kes melalui sekretaris dinas Joko Wantoro didampingi plt Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo  menyatakan dipilihkan Kabupaten Tegal sebagai tempat pelaksanaan puncak Hari Lingkungan Hidup tingat Jawa Tengah, mengingat areal pantura bagian barat belum pernah  ditunjuk sebagai tempat puncak peringatan.

 

"Awalnya kita tawarkan dua lokasi yakni Cacaban dan Trasa. Akhirnya pihak DLH Provinsi Jawa Tengah memilih Trasa dengan asumsik akses paling mudah dijangkau dan mempunyai areal parkir yang cukup luas," ujarnya Senin 5 Mei 2023.


--

Dalam acara puncak peringatan tersebut pihaknya juga akan melibatkan  semua kelompok peduli lingkungan yang ada di Kabupaten Tegal .

 

"Temas sentral yang diusung dalam peringatan tahun ini Perangi Sampah Plastik.  Kami juga tengah menyiapkan beragam kegiatan dalam rangkaian  Hari Lingkungan Hidup, diantaranya agenda Proklim ( program kampung iklim ) untuk Desa Sigedong, Proklim Desa  Penusupan mendapatan kegiatan pembuatan sumur resapan," cetusnya.

 

Selebihnya pemberian Kalpataru  untuk bank sampah Ujungrusi yang diberikan kepada Tasripin dan Nursofiah, sertipikat Adiwiyata untuk 12 sekolah,  pendampingan dan bantuan  dari KLHK untuk proklim Desa Ujungrusi Kecamatan adwerna  tahun 2023, dan  pendampingan pengisian SRN PPI  dan spectrum proklim Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna  dari  DLH Kabupaten  Tegal tahun 2023.

 

"Kamijuga menggelar  peningkatan kapasitas  komunitas lingkungan  menuju pembentukan proklim , sosialisasi blantik , lomba pembuatan kompos antar TPS 3 R, aksi cabut paku pada pohon, sosialisasi rencana perlindungan pengelolaan lingkungan hidup Kabupaten Tegal tahun 2023- 2053, hiongga sarasehan lingkungan hidup bersama komunitas pengiat lingkungan hidup," ungkapnya.

 

Selebihnya juga akan digulirkan pencanangan Taman Kehati  Kabupaten Tegal, bersih pantai, dan  pendampingan kampung Proklim. (adv) 

Kategori :