184,55 Kilometer Jalan di Pemalang Rusak

Senin 18-07-2022,10:38 WIB
Reporter : M. Ridwan
Editor : M Sekhun

PEMALANG (Disway Jateng) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pemalang mencatat kerusakan jalan di Kabupaten Pemalang mencapai 184,55 kilometer. Jalan rusak tersebut tersebar di 14 kecamatan, tetapi terbanyak terdapat di wilayah Kecamatan Petarukan dan Ampelgading, yaitu mencapai 53,71 kilometer. 

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Pemalang Mohammad Soleh mengatakan, berdasarkan data, ada sekitar 133 polok pikiran (pokir) untuk pemeliharaan jalan. Sedangkan untuk pemeliharaan jalan nonpokir ada 30 paket pekerjaan. Pekerjaan terkait dengan pemeliharan jalan, DPUTR Pemalang juga melakukan pelebaran jalan dan rekonstruksi jalan.

 

"Rekonstruksi jalan sebagian besar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler dan DAK tematik. Selain itu adapula yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Bantuan Provinsi (Banprov)," ujarnya.

 

Sementara itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyampaikan, ada sekitar 184,55 kilometer jalan di wilayah Pemalang dengan tingkat rusak berat.

 

“Rencananya pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 diusulkan anggaran infrastruktur jalan sekitar Rp60 miliar untuk mengurangi infastruktur jalan yang rusak," jelas Mukti Agung.

 

Bupati menambahkan, kerusakan jalan di Kecamatan Comal, Ulujami dan Bodeh sepanjang 40,81 kilometer. Jalan rusak di Kecamatan Pemalang dan Taman sekitar 33,46 kilometer, Kecamatan Bantarbolang sampai Bodeh 15, 43 kilometer. Kerusakan jalan di Kecamatan Belik 11,97 kilometer, Kecamatan Moga, Pulosari, Warungpring 11,48 kilometer. 

 

"Kecamatan dengan tingkat kerusakan sedikit yaitu Kecamatan Watukumpul 9,54 kilometer dan Kecamatan Randudongkal sekitar 8,16 kilometer," terang bupati. 

 

Kategori :