BPBD Kabupaten Tegal Gelar Simulasi Bencana Gempa Megathrust

BPBD Kabupaten Tegal Gelar Simulasi Bencana Gempa Megathrust

SIMULASI - Relwan PB BPBD bersiap menggelar pelatihan kesiapsiagaan bencana di Desa Mejasem Timur.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

SLAWI,jateng.disway.id - Upaya antisipasi dini ditempuh BPBD Kabupaten Tegal dengan menggelar simulasi latihan kesiapsiagaan SAR tanggap darurat Bmbencana gempa megathrust. Latihan kali ini dipusatkan di masjid  Al Ikhas, Desa Mejasem Timur,  Kecamatan Kramat.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Ellya Hidayah menyatakan  bahwa  pelatihan ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadinya gempa. Latihan ini juga menjadi kesempatan untuk mengevaluasi sarana dan prasarana yang tersedia. "Guna menghadapi bencana, sekaligus memperkuat koordinasi antara berbagai pihak yang bertanggungjawab," ujarnya, Senin (21/10/2024).

Menurutnya, penanganan potensi bencana membutuhkan sinergi lintas instansi karena kita tidak bisa bekerja sendiri.  Kesiapsiagaan bencana ini menjadi hal krusial. Peningkatan edukasi masyarakat serta kesiapan tim SAR dan infrastruktur pendukung menjadi kunci untuk mengurangi potensi dampak bencana.

Pihaknya berharap, latihan ini  bukan hanya ajang simulasi, tetapi upaya nyata untuk memastikan semua pihak siap menghadapi skenario terburuk.  Keterlibatan masyarakat dalam latihan juga menjadi sorotan penting. Edukasi mengenai prosedur evakuasi, pengetahuan tentang tanda-tanda  bencana. "Serta kesiapan mental masyarakat sangat menentukan dalam upaya menyelamatkan nyawa," ungkapnya.

BACA JUGA:Lakukan Pemetaan Distribusi Logistik, KPU Demak Gandeng BPBD untuk Mitigasi

BACA JUGA:Waspada Megathrust, Rutan Pekalongan Gandeng BPBD Latihan Tanggap Bencana

Diharapkan, dengan adanya latihan ini, koordinasi lintas sektor semakin baik, sehingga ketika bencana  benar-benar terjadi. Desa  siap dengan langkah-langkah mitigasi yang efektif. Kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara berkala untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah yang rawan bencana. 

   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: