150 Pegawai Jalani Tes Urine, KAI Daop 4 Pastikan Karyawannya Bebas Narkoba

150 Pegawai Jalani Tes Urine, KAI Daop 4 Pastikan Karyawannya Bebas Narkoba

Petugas melakukan pemeriksaan urin dari petugas operator KAI. Kegiatan yang dilakukan di tujuh stasiun ini untuk mencegah penggunaan narkotika.--dokumentasi KAI Daop 4 Semarang

SEMARANG, diswayjateng.id - Sebanyak 150 pegawai operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang menjalani tes urine untuk memastikan semua pegawai bebas narkoba.

Tes urine tersebut dilaksanakan di tujuh stasiun secara bersamaan, yakni Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Batang, Stasiun Plabuan, Stasiun Weleri, dan Stasiun Brumbung.  

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melaksanakan Operasi Kontijensi berupa tes urine terhadap SDM operator perkeretaapian.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam upaya mewujudkan komitmen bersama antara Kementerian Perhubungan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) berdasarkan Kesepakatan Bersama Nomor PJ 23 Tahun 2017 dan Nomor NK/34/X/2017/BNN tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

BACA JUGA:Presiden Terpilih Diharapkan Jadi Panglima Berantas Mafia Pertambangan, Sawit dan Tindakan Deforestasi

 

 

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa pemeriksaan ini dilakukan secara acak (random sampling) terhadap 150 pegawai operasional kereta api yang terdiri dari berbagai profesi seperti Masinis dan Asisten Masinis, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Tenaga Pemeriksa Sarana dan Prasarana, Tenaga Perawatan Sarana dan Prasarana, serta Penjaga Pintu Perlintasan.

"Operasi ini dilaksanakan di tujuh lokasi berbeda, yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Batang, Stasiun Plabuan, Stasiun Weleri, dan Stasiun Brumbung, selama empat hari, mulai tanggal 1 hingga 4 Oktober 2024," jelas Franoto Jumat 4 September 2024.

Dari hasil tes yang dilakukan terhadap 150 pegawai tersebut, seluruhnya dinyatakan negatif narkoba. Hal ini menunjukkan bahwa para pegawai KAI Daop 4 Semarang dalam keadaan sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Franoto menambahkan, pemeriksaan ini sangat penting guna memastikan bahwa seluruh pegawai yang bertugas dalam kondisi prima, baik secara fisik maupun mental.

BACA JUGA:Jelang Pilwakot 2024, Disdukcapil Kota Pekalongan Kebut Rekam E KTP 6.375 Warga

 

"Langkah ini merupakan wujud komitmen KAI untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan kereta api, dengan memastikan setiap perjalanan berjalan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: