PMI Kabupaten Tegal Raih 8 Penghargaan di Ajang Sibat Tingkat Nasional

PMI Kabupaten Tegal Raih 8 Penghargaan di Ajang Sibat Tingkat Nasional

PENGHARGAAN - Tim PMI Kabupaten Tegal dan Sibat menunjukkan 8 penghargaan yang diraih.Foti:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal memang patut diacungi jempol. Tidak tanggung-tanggung, PMI berhasil meraih 8 penghargaan sekaligus di ajang Latihan Gabungan (Latgab) dan Bhakti Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Nasional III yang dipusatkan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (24/9/2024) sampai Jumat (27/9/2024).

Dari delapan penghargaan itu, satu diantaranya yakni, PMI Kabupaten Tegal berhasil sebagai Penggerak Pemberdayaaan Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana Tingkat Utama.

Sedangkan tujuh penghargaan lainnya, PMI Kabupaten Tegal dinilai berhasil membina Tim Sibat yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tegal. PMI berhasil berperan sebagai Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana.

BACA JUGA:Memperkenalkan Budaya Ngopi, KAI Berikan 1.000 Cup Kopi Gratis

Adapun, 7 Sibat penerima penghargaan itu yakni, di Kecamatan Bumijawa meliputi Sibat Guci, Sibat Sigedong dan Sibat Bumijawa. Kemudian di Kecamatan Dukuhturi Sibat Sidakaton. Sedangkan di Kecamatan Warureja, Sibat Kedungkelor, Sibat Kendayakan dan Sibat Sukareja.

"Untuk Sibat Guci dan Sigedong dinilai unggul melakukan Pengamanan Sumber Mata Air dengan penanaman biji kopi dan pelayanan ambulan berbasis masyarakat," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto, usai menerima 8 penghargaan dari Kepala Markas PMI Pusat Arifin M Hadi.

Sunarto menjelaskan, untuk penghargaan yang diperoleh Sibat Bumijawa dan Sibat Kedungkelor karena keduanya berhasil menjadi penggerak donor darah.

Sedangkan Sibat Sidakaton berhasil melayani masyarakat atau respon cepat saat Covid-19.

BACA JUGA:SAR Semarang Gelar Pelatihan Emergency Comunication

"Sementara untuk Sibat Sukareja dan Sibat Kendayakan berhasil melakukan penanganan bencana banjir dengan memasang alat EWS (Early Warning System) di Sungai Rambut Kendayakan," kata Sunarto memaparkan.

Menurut Sunarto, keberhasilan ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kerja keras seluruh anggota Sibat di PMI Kabupaten Tegal.

"Kami sangat bersyukur dan terimakasih dengan perolehan penghargaan ini. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi. Dan PMI semakin bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Tegal," ucapnya.

BACA JUGA:Menjadi Pelaksana ‘Expo Sesarengan Ngawasi’, Kota Salatiga Gelar Parade Drumblek

Hal senada disampaikan Ketua PMI Kabupaten Tegal, H. Iman Sisworo. Dia juga mengaku bangga dengan seluruh Relawan Sibat atas pencapaian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: