SAR Semarang Gelar Pelatihan Emergency Comunication

SAR Semarang Gelar Pelatihan Emergency Comunication

SAR Semarang Gelar Pelatihan emergency communication di Semarang Sabtu 28 September 2024-Dok SAR Semarang -Dok SAR Semarang

SEMARANG,Diswayjateng.id- Komunikasi memegang peranan krusial dalam setiap pelaksanaan operasi SAR, baik di darat maupun di perairan. 

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono, dalam pelatihan Komunikasi Darurat yang berlangsung di Bumi Perkemahan Harda Walika, Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang, pada Sabtu, 28 September 2024.

 

Budiono menjelaskan, komunikasi tidak hanya penting bagi tim yang bertugas di darat, tetapi juga bagi tim yang bekerja di perairan.

 

 “Komunikasi darurat ini bertujuan agar potensi SAR dapat membantu pengendalian operasi yang dilakukan oleh Basarnas, yang menjadi pusat koordinasi seluruh proses pencarian dan pertolongan,” jelasnya.

 

Ia menegaskan bahwa keberhasilan setiap operasi SAR sangat bergantung pada komunikasi yang terjalin. Budiono berharap pelatihan ini mampu menciptakan sinergi dan keselarasan misi kemanusiaan antar berbagai pihak yang terlibat.

 

“Harapan kami, melalui komunikasi yang baik, semua pihak dapat bekerja sama dengan satu visi dan misi, mulai dari pra hingga pelaksanaan operasi SAR,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Koordinator Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Kota Semarang, Akim Wahyudi,menambahkan bahwa komunikasi dibentuk untuk mempertemukan pergerakan tim, mulai dari medis, logistik, hingga posko yang dipimpin oleh Basarnas.

 

Akim juga menjelaskan bahwa ini adalah kali pertama diadakan pelatihan EmergencyCommunication, yang diinisiasi oleh FKP3 Kota Semarang dan diikuti oleh 50 personel potensi SAR Semarang Raya. 

 

Pelatihan berlangsung selama dua hari, 28-29 September 2024, di Bumi Perkemahan Harda Walika.

 

“Pelatihan ini menjadi sarana untuk mempererat hubungan serta menyamakan persepsi saat di lapangan,” ujar Akim. 

 

Para peserta juga menerima materi mengenai radio komunikasi dan simulasi komunikasi dalam operasi SAR, yang melibatkan berbagai organisasi relawan dan instansi di Semarang Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: