6 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membeli HP Baru dengan Budget Terjangkau

6 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membeli HP Baru dengan Budget Terjangkau

6 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Hp Baru Dengan Budget Terjangkau-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Ketika membahas RAM, pemilihan ponsel murah yang berkualitas harus disesuaikan dengan chipset yang ada. Ponsel di kelas menengah umumnya dilengkapi dengan RAM 3 GB atau 4 GB, namun saat ini juga tersedia ponsel mid-range dengan RAM 6 GB, bahkan 8 GB.

Ponsel dengan RAM 3 GB biasanya dijual dengan harga mulai dari 1 juta rupiah, tetapi jika Anda memiliki anggaran lebih, kami sarankan untuk memilih ponsel dengan RAM 4 GB atau 6 GB.

Secara umum, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki Smartphone, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Namun, saat ini banyak produsen Smartphone yang menawarkan ponsel murah dengan spesifikasi tinggi.

3. Periksa Chipset yang Digunakan  

Kurangnya pengetahuan mengenai spesifikasi ponsel murah sering kali membuat banyak orang terjebak untuk membeli Smartphone dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga pasar yang seharusnya. Salah satu informasi penting yang perlu diketahui konsumen sebelum melakukan pembelian adalah chipset atau prosesor yang terpasang.

Saat ini, sebagian besar pilihan prosesor ponsel biasanya berasal dari Snapdragon buatan Qualcomm atau MediaTek, meskipun masih ada beberapa jenis prosesor lain seperti Exynos, Unisoc, Kirin, dan lain-lain.

Sebagai contoh, untuk ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon, kami merekomendasikan untuk memilih ponsel dengan Snapdragon seri 7, seperti Snapdragon 720 atau Snapdragon 712. Jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa mempertimbangkan seri 6 seperti Snapdragon 685, Snapdragon 695, atau Snapdragon 680.

Jika pilihan Anda jatuh pada prosesor MediaTek, kami merekomendasikan ponsel yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T, MediaTek Helio G95, atau MediaTek Helio G99.

BACA JUGA:5 Hp dengan Kamera AI Terbaik, Cocok untuk Konten Kreator

4. Periksa Kualitas Kamera

Dengan anggaran sekitar Rp 2 - 3 juta, kualitas kamera pada Smartphone di rentang harga ini sudah cukup baik untuk penggunaan fotografi sehari-hari dan dilengkapi dengan fitur yang memadai. Saat ini, bahkan ada ponsel terjangkau yang menawarkan kamera 108 MP.

Bagi yang suka merekam video, disarankan untuk memilih ponsel yang dilengkapi dengan fitur OIS dan mampu merekam video berkualitas 4K. Banyak ponsel murah dengan spesifikasi kamera seperti ini yang tersedia di pasaran.

5. Sesuaikan Ukuran Layar dengan Kebutuhan  

Dalam hal layar, saat ini bisa dikatakan bahwa ponsel dengan layar besar, biasanya di atas 6 inci, sedang menjadi tren. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar, karena mereka merasa ponsel dengan layar kecil lebih praktis dan mudah dibawa.

Banyak pengguna Smartphone yang masih lebih memilih ponsel dengan layar 5 inci, meskipun saat ini produk baru dengan ukuran layar tersebut sudah semakin jarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: