Tampil Beda, Siswa SMA 12 Semarang Buat Replika Burung Merak Selama 8 Hari

Tampil Beda, Siswa SMA 12 Semarang Buat Replika Burung Merak Selama 8 Hari

Replika burung merak karya anak-anak kelas 11 F8 SMA Negeri 12 Semarang mengikuti Karnaval Budaya Nusantara saat melintasi jalan Raya Gunungpati, Kota Semarang, Kamis (19/9).--

SEMARANG, diswayjateng.id - Agar tampil berbeda pada Karnaval Budaya Nusantara SMA 12 Negeri Semarang, Muhammad Fais Sinonafi siswa kelas 11 F8 mencetuskan ide untuk membuat replika burung merak setinggi 2,5 meter dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter.

Karnaval budaya nusantara ini merupakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika. 

Fais memutuskan membuat replika merak ini agar lebih mencolok dan tampil berbeda karena ukuran lebih besar dari yang laiinnya. Pemilihan replika ini adalah buah hasil menggali informasi mengenai provinsi Riau sesuai dengan tugas yang sudah ditetapkan masing-masing kelas. 

Ia menyampaikan pembuatan replika burung merak ini membutuhkan waktu hingga delapan hari dengan dibantu 31 teman lainnya.

"Satu kelas hanya 32 orang jadi sedikit lama pembuatannya hingga 8 hari," ungkap Fais, Kamis 19 September 2024.

Merak ini dibuat dengan rangka bambu dan dilapisi karpet berwarna. "Kami ingin membuat maskot yang wow, yang mencolok dan pastinya berbeda dengan yang lainnya," kata Fais. 

Kirab Budaya Nusantara merupakan akhir dari rangkaian P5, yakni dengan memamerkan hasil karya anak kelas 10 hingga 12 SMA Negeri 12 Semarang ke masyarakat umum.

Dalam rangkaian P5 ini mereka diberi tugas untuk untuk menggali informasi tentang keberagaman diseluruh daerah yang ada di nusantara dari Aceh hingga Papua.

Di setiap kelas sudah diberikan tema sesuai provinsi yang akan digali informasikan dan wujudkan pada aksi nyata beruma makanan, lomba tarian, kartun digital hingga parade budaya.  

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: