4 Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

4 Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

cara pemutihan nama di slik ojk --foto ayojakarta.com

DISWAYJATENG.ID - Proses pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya aplikasi ditolak, karena hasil pemeriksaan SLIK menunjukkan skor kredit yang kurang bagus. Karena itu, perlu mengetahui cara pemutihan nama di SLIK OJK. 

Karena ketika mengajukan pinjaman, ada salah satu faktor yang perlu diperhatikan yaitu record kredit bagi nasabah. Jika skor kredit buruk dan terdaftar dalam blacklist, kemungkinan besar pengajuan KPR akan ditolak. Untuk itu, penting memahami cara pemutihan nama di SLIK OJK agar mudah dalam pengajuan pinjaman, seperti KPR. 

Bank atau lembaga keuangan akan cenderung menolak permohonan pembiayaan jika riwayat kredit kalian tidak memuaskan. Karena itu, cara pemutihan nama di SLIK OJK dari daftar hitam bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pinjaman. 

Lantas, bagaimana cara pemutihan nama di SLIK OJK? dan berapa lama proses pemutihan tersebut? Yuk kita simak yang dikutip dari rujukan properti Rumah123.com berikut ini. 

BACA JUGA:3 Cara Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Tidak Ditolak

Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK 

1. Cara pemutihan nama di SLIK OJK yaitu mintalah surat keterangan lunas utang dari bank terkait. Apabila sudah mendapatkannya, bawalah surat tersebut ke kantor wilayah OJK terdekat. Nanti, pihak OJK akan melakukan pembaruan skor kredit pada SID.

2. Cara berikutnya yaitu melakukan negosiasi dengan pihak bank atau lembaga. Cara ini berlaku jika debitur tidak memiliki dana untuk melunasi langsung seluruh utang serta bunganya. Mintalah bank untuk memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor untuk meringankan angsuran maupun bungannya.

3. Cara pemutihan nama di SLIK OJK berikutnya yaitu melunasi semua tunggakan yang ada. Jika masih ada tunggakan kredit di dalam satu bank, maka dapat dipastikan mengajukan pinjaman KPR bank mana pun pasti ditolak.

4. Apabila langkah pemutihan di atas sudah dilakukan, selanjutnya pantaulah skor kredit secara mandiri. Jika ternyata tidak ada perubahan, maka ajukan komplain ke bank pemberi kredit.

BACA JUGA:5 Tips Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

Tips SLIK OJK Tetap Aman

  • Perhitungkan Total Angsuran dan Pemasukan Bersih

Sebelum mengajukan kredit apa pun termasuk KPR, sebaiknya pahamilah batas angsuran maksimal. Idealnya tidak boleh lebih dari 30% dari income per bulan.

Ambilan plafon kredit sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Produk pembiayaan memang memudahkan, tetapi jangan sampai membuat rencana keuangan berantakan.

  • Bayarlah Angsuran Sebelum Jatuh Tempo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: