3 Cara Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Tidak Ditolak

3 Cara Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Tidak Ditolak

cara pemutihan slik ojk supaya pengajuan kpr tidak ditolak--foto youtobe

DISWAY JATENG.ID - Cara pemutihan SLIK OJK pada dasarnya dengan melunasi semua utang atau pinjaman dan mengurangi tunggakan kredit. Dengan begitu, Bank kalian dapat memperbarui data kredit di sistem OJK sehinga skor kredit dapat naik. 

Saat mengajukan  KPR ( Kredit Pemilikan Rumah), salah satu yang menjadi pertimbangan bank yaitu skor kredit dari nasabah atau debitur. Bila skor kredit buruk dan di-blacklist, maka kemungkinan besar KPR akan ditolak. Mau tidak mau, kalian harus memahami cara pemutihan SLIK OJK agar mudah diterima dalam pengajuan KPR. 

Skor kredit yang buruk bisa dibilang merupakan salah satu batu sandungan yang paling sering dialami oleh calon nasabah KPR. Karena itu, jika tidak ingin membuang waktu dan uang untuk menjalani proses pengajuan kredit rumah. Penting bagi kita terlebih dahulu untuk memahami cara pemutihan SLIK OJK agar pengajuan KPR mudah disetujui. 

Melansir dari Linebank, Minggu (3/12/2023), berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memahami cara pemutihan SLIK OJK agar memudahkan dalam pengajuan kembali. 

BACA JUGA:3 Cara Bersihkan SLIK OJK dengan Mudah

Cara Pemutihan SLIK OJK Agar Pengajuan KPR di Acc 

1. Ajukan Surat Keterangan Pelunasan Peminjaman

Bagi kalian yang sudah membayar kredit dan sudah mengecek perubahan status SLIK kalian, tapi masih belum ada perubahan, segera datanglah ke bank yang mengadakan kesepakatan kredit itu dengan kalian. Kemudian tunjukkan bukti pembayaran kredit.

Nantinya, pihak bank akan membantu untuk melapor ke OJK dengan mengeluarkan Surat Keterangan Pelunasan Pinjaman.

2. Lunasi Pinjaman yang Menunggak

Cara pemutihan SLIK OJK agar pengajuan KPR di setujui yang dapat di lakukan yaitu dengan selesaikan pinjaman atau kredit kalian yang menunggak. Ini yang paling wajib dilakukan. Kalian harus membayar pinjaman baik pinjaman pokok dan bunganya. Terkadang, ada kejadian di mana debitur sebenarnya hanya memiliki sisa pinjaman yang sangat kecil. Namun, karena lupa atau salah melakukan perhitungan jadi belum membayarnya.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK

Karena itu, pastikan tidak salah menghitung ataupun membiarkan sepeser pun terlewat. Jika kalian benar-benar mengalami kesulitan, maka dapat berkonsultasi dengan pihak bank kemudian mengajukan restrukturisasi atau meminta keringanan pembayaran cicilan pinjaman di bank.

3. Cek Status SLIK OJK Tiap Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: