4 Tips Jitu agar SLIK OJK Tetap Aman

4 Tips Jitu agar SLIK OJK Tetap Aman

tips agar slik ojk tetap aman --foto katadata

DISWAY JATENG.ID - Tips agar SLIK OJK tetap aman penting dilakukan, khususnya bagi pemula yang ingin mengajukan pinjaman. Karena itu, bagi kalian yang ingin memiliki skor kredit tetap baik dan aman, bisa melakukan beberapa strategi ini. 

Seperti yang diketahui, SLIK OJK bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan. Dengan menerapkan tips agar SLIK OJK tetap aman dapat menjaga riwayat kredit kalian untuk memudahkan dalam mengajukan pinjaman kembali kedepannya. 

Dibawah ini ada beberapa tips agar SLIK OJK tetap aman saat menggunakan pinjaman online. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan dapat membantu kalian supaya tidak terjerat dalam utang yang berpanjangan. 

Lalu, bagaimana tips agar SLIK OJK tetap aman? Berikut ada beberapa cara efektif yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu cara pemutihan SLIK dan berapa lama yang perlu kalian pahami. 

BACA JUGA:5 Tips Agar SLIK OJK Aman Saat Menggunakan Pinjol, Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui

Cara Pemutihan SLIK OJK 

Cara pemutihan SLIK OJK yaitu proses pemulihan peringkat debitur dan akan diberi waktu selama 6 bulan untuk melakukan pemutihan. Jika proses pemutihan selesai dan kalian mendapat peringkat pertama, maka kalian bisa mengajukan kredit baru.

Lalu bagaimana jika SLIK OJK kalian masuk peringkat 5? Kalian diwajibkan untuk terus membayar cicilan dan melunasi tagihan cicilan tersebut. Jika dalam 3 bulan pembayaran cicilan lancar, SLIK kalian bisa naik ke peringkat 3 dan apabila 3 bulan kemudian pembayaran cicilan masih lancar, SLIK kalian bisa naik ke peringkat pertama dan dapat pengajuan kredit baru. Namun jika nama kalian masuk ke dalam peringkat 3, kalian akan mendapat peringatan.

Berapa Lama Pembersihan SLIK Akan Hilang? 

Proses pemutihan SLIK OJK dalam penghapusan daftar hitam biasanya akan hilang dalam kurun waktu kurang lebih 24 hingga 60 bulan. Hal yang sama jika nama nasabah ingin bersih dari OJK, memerlukan waktu 24 bulan untuk mengubah status kredit macetnya.

Tips Agar SLIK OJK Tetap Aman 

1. Buat Target Anggaran

Tips agar SLIK OJK tetap aman yaitu dengan membuat target anggaran agar pengeluaran bisa dibatasi dan kalian bisa melacak pengeluaran yang keluar dari rekening kalian.

BACA JUGA:5 Tips Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: