4 Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

4 Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

cara pemutihan nama di slik ojk --foto ayojakarta.com

Membayar angsuran apa pun sebaiknya dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo. Jaga kedisiplinan pembayaran utang untuk membuat skor kreditmu bagus.

  • Ketahui Semua Jenis Kredit

Bank menyediakan berbagai produk pembiayaan mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit multiguna, kredit usaha rakyat sampai Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pastikan, ketahui jenis kredit yang diambil sebelum mengajukan kepada bank serta risiko kenaikan bunganya.

BACA JUGA:Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan? Begini Penjelasannya

Berapa Lama Masa Pemutihan SLIK OJK?

Proses pemutihan SLIK OJK berapa lama? Biasanya memakan waktu 24 hingga 60 bulan. Setelah proses pelunasan utang selesai, OJK akan menghapus nama dari daftar hitam SLIK OJK.

Perlu digarisbawahi tidak ada jasa pemutihan SLIK OJK, karena pada dasarnya “pemutihan” berarti pelunasan utang. Nama baru akan bersih kembali hanya jika melunasi utang ke pemberi kredit.

BI Checking Berubah Menjadi SLIK OJK

Sebelum menjawab apakah blacklist dari SLIK OJK bisa dihapus atau diputihkan, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu BI Checking yang sekarang berubah menjadi pemeriksaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Singkatnya, BI Checking merupakan proses pemeriksaan riwayat kredit calon debitur. Informasi dalam proses pemeriksaan tersebut diambil dari Sistem Informasi Debitur (SID) yang dipertukarkan dan digunakan oleh semua bank di Indonesia.

Demikian beberapa informasi mengenai cara pemutihan nama di SLIK OJK beserta tipsnya agar tetap aman dan berapa lama prosesnya yang perlu kalian ketahui dan lakukan dengan tepat. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: