Disdikbud Kota Tegal Adakan Bimtek Berbasis Artificial Intelligence

Disdikbud Kota Tegal Adakan Bimtek Berbasis Artificial Intelligence

MENYAMPAIKAN - Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Trismanto menyampaikan tentang bimtek AI.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Untuk meningkatkan mutu Pendidikan Nonformal di Kota Tegal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melaksanakan bimbingan teknis implementasi Kurikulum Merdeka melalui pembuatan media ajar dan assesmen berbasis Artificial Intelligence (AI). Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari pamong belajar SKB sebanyak 3 orang dan tutor  PKBM se-Kota Tegal sebanyak 27 Orang. 

Sedangkan untuk materi terdiri dari pemanfaatan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran DR Mampuono, penerapan assesmen dalam Kurikulum Merdeka. Dengan memanfaatkan quizizz mode kertas oleh Agus Nisfan dan praktik baik pembuatan media pembelajaran berbasis AI menggunakan Canva Nur Hasan.

BACA JUGA:Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024, Jateng Optimistis Kembali Raih Juara Umum

Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Trismanto mengatakan, saat ini telah memasuki fase industrialisasi baru yang sedang berkembang dengan melibatkan manusia. Yntuk bekerjasama dengan teknologi canggih dan robot bertenaga Artificial Intellegency (AI) atau kecerdasan buatan.

Lompatan teknologi tersebut memaksa untuk beradaptasi untuk melahirkan output pendidikan yang kompeten, kreatif dan mampu beradaptasi di era digital. "Oleh sebab itu, kita akan Bersama-sama memulai untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan jaman tersebut,”katanya.

BACA JUGA:Ketua DPRD Salatiga Ingatkan Tikungan Tajam PKPU Pilkada

Trismanto berharap, melalui bimbingan teknis para pendidik dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang positif. Dalam merespon tuntutan dan tantangan perkembangan jaman yang terus bergerak, khusunya dalam menghadapi era revolusi industry 5.0 dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Kesiswaan P2PNF Disdikbud Senantiasa Haem menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan bimtek pendidikan nonformal dan kesetaraan tahun 2024. Antara lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada program pendidikan kesetaraan Paket A, B dan C.

Juga untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan sikap kepada pendidik tentang media pembelajaran berbasis AI,  yaitu program kecerdasan buatan yang di terapkan pada sistem komputer atau perangkat mesin lainnya.

BACA JUGA:September Ceria, Rutan Salatiga Gelar Kunjungan Anak

Termasuk penerapan assesmen dalam kurikulum merdeka dengan mengenalkan aplikasi pembelajaran online dan offline melalui quizizz dan pembuatan media pembelajaran berbasis ai (artificial intelligence) dengan menggunakan canva. "Yaitu platform desain grafis yang memungkinkan siapa saja membuat desain yang menakjubkan dengan mudah dan cepat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: