TBM Sakila Kerti Kota Tegal Adakan Peringatan Hari Aksara Internasional

TBM Sakila Kerti Kota Tegal Adakan Peringatan Hari Aksara Internasional

FOTO BERSAMA - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti Tegal Dr Yusqon dan undangan lainnya foto bersama.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG.ID, TEGAL -Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti mengadakan Peringatan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada 8 September 2024 disambut meriah  siswa-siswi RA/ PAUD di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Kemeriahan tersebut ditunjukkan dengan menyanyi, mendongeng dan menari di atas panggung. Kemeriahan peringatan Hari Aksara Internasional tersebut didukung pihak-pihak swasta yang peduli dengan peningkatan literasi.

Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti Tegal Dr Yusqon mengatakan pihaknya menampilkan bagian dari literasi membaca dan menulis, literasi budaya dan kewargaan, seperti menari Tari Geyol Tegalan, mendongeng yang disampaikan siswa-siswi SD Panggung 4 kepada siswa-siswi RA/ PAUD Sakila Kerti Pantai Alam Indah.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Resmikan Studio Onair 2 LPPL Radio Swara Widuri

"Saya berharap apa yang telah ditampilkan siswa-siswi akan semakin memotivasi orang tua siswa dan putra-putrinya untuk gemar membaca, berkreasi dan berliterasi," katanya.

Pj. Wali Kota Tegal Dadang Somantri mengungkapkan bahwa anak-anak PAUD merupakan anak-anak penerus bangsa,  melalui peringatan Hari Aksara Internasional, dapat semakin meningkatkan literasi khususnya di Kota Tegal. Hal itu bisa dimulai dari gemar membaca yang perlu ditanamkan sejak dini. Sebab di zaman saat ini bentuk kebaikan orang tua bisa berujung fatal pada mental anak. Seperti memberikan handphone agar anak tidak rewel. Padahal hal tersebut bisa menjadi awal kesalahan.

"Seperti kita ketahui, beberapa konten-konten pada gadget tidak ramah anak, apalagi anak cenderung meniru apa yang dilihat. Hal tersebut bisa kita siasati dengan memberikan buku dan mendampinginya," ungkapnya.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Sosialisasikan UMKM Digital

Dadang menjelaskan memberikan pembelajaran yang menyenangkan terkait isi buku, mengajarkan tentang ejaan, dan mengajak anak berimajinasi melalui gambar yang ada pada buku akan membuat anak merasa senang untuk membaca. Kemudian membiasakan diri membaca sejak kecil maka akan selalu terbawa hingga dewasa nanti. Dan manfaatnya akan dirasakan sendiri, sebab, membaca merupakan jendela dunia, banyak ilmu pengetahuan yang didapat.

"Saya berharap melalui peringatan Hari Aksara Internasional akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membaca," terangnya.

Sementara itu, dari pihak swasta yakni Maybank Tegal turut mengapresiasi Sakila Kerti Tegal yang terus menggaungkan literasi. Bertepatan dengan tahun ini, program Global Corporate Responsibility (CR) Day mengangkat tema Negeri di Awan bersinergi dengan peningkatan literasi.

BACA JUGA:Optimalkan Verifikasi DTKS secara Online

"Gayung bersambut dengan tema  GCR Day tahun ini, karenanya kami bersinergi dengan Sakila Kerti Tegal, agar program literasi khususnya di Tegal semakin meningkat," ujar Budi mewakili Maybank Tegal.

GM Gramedia Tegal Dewi mengungkapkan pihaknya sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena melibatkan masyarakat untuk membaca.

"Kami sangat antusias dan mengapreasi sebab program itu melibatkan masyarakat untuk membaca," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: