Awas Terjebak Utang! Ketahui Penyebab Utamanya

Awas Terjebak Utang! Ketahui Penyebab Utamanya

terjebak utang--

DISWAY JATENG.ID – Terjebak utang merupakan hal yang sangat dihindari oleh banyak orang, karena akan banyak dampak buruk yang dapat menghampiri seseorang.

Dikatakan terjebak utang jika seseorang mengalami penumpukan utang dengan jumlah yang sangat banyak, sehingga tidak mampu untuk melunasinya.

Banyak penyebab yang membuat seseorang masuk kedalam permasalahan terjebak utang, oleh sebab itu sebelum anda masuk kedalam dunia pinjaman maka wajib memikirkan ulang mengenai jumlah pinjaman dengan kemampuan pengembalian.

Nah berikut ini akan kami beritahu mengenai alasan mengapa seseorang bisa masuk dalam permasalahan terjebak utang, yuk simak terus ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:3 Dampak Terjebak Utang Pinjol

Penyebab Seseorang Terjebak Utang :

1. Gaya Hidup Konsumtif

Tergoda Promosi: Tawaran menarik seperti diskon, cicilan 0%, atau poin rewards seringkali membuat kita tergoda untuk membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Perbandingan dengan Orang Lain: Sering kali, kita terdorong untuk membeli barang-barang mewah atau mengikuti tren terbaru karena ingin terlihat sepadan dengan teman atau kerabat.

Impuls Belanja: Belanja secara impulsif tanpa perencanaan yang matang juga menjadi salah satu penyebab utama seseorang terjebak utang.

2. Ketidakmampuan Mengelola Keuangan

Tidak Membuat Anggaran: Tanpa anggaran, kita cenderung membelanjakan uang secara sembarangan tanpa memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran.

Utang yang Menumpuk: Ketika utang satu belum lunas, kita malah menambah utang baru. Hal ini membuat beban utang semakin berat.

Tidak Memiliki Dana Darurat: Ketiadaan dana darurat membuat kita terpaksa meminjam uang ketika terjadi keadaan darurat, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: