3 Cara Bersihkan SLIK OJK dengan Mudah

3 Cara Bersihkan SLIK OJK dengan Mudah

tips bersihkan catatan slik ojk --foto detikfinance

DISWAY JATENG.ID - Tips bersihkan catatan SLIK OJK dengan mudah, catatan riwayat ini menjadi dasar bagi Bank maupun lembaga keuangan lainnya dalam menilai kelayakan kredit. Jika nama kalian masuk dalam daftar blacklist, otomatis akan sulit untuk mendapatkan pinjaman kembali. 

Dalam perekonomian yang dinamis, menjaga riwayat kredit yang bersih memiliki peran penting dalam memastikan akses terhadap fasilitas keuangan yang lebih baik. Untuk itu, tips bersihkan catatan SLIK OJK perlu ketahui. Salah satu aspek yang memegang peranan utama dalam menilai kelayakan kredit seseorang yaitu SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang dikelola oleh (Otoritas Jasa Keuangan). 

Dengan memahami pentingnya tips bersihkan catatan SLIK OJK bukan hanya tentang memperbaiki reputasi keuangan, tetapi juga memastikan bahwa informasi kredit yang digunakan oleh lembaga keuangan tercermin secara akurat.

Bagi kalian yang memiliki riwayat kredit buruk di SLIK seperti tunggakan atau kredit macet. Tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa tips bersihkan catatan SLIK OJK yang menjadi solusi tepat buat kalian yang memiliki skor kredit jelek. 

BACA JUGA:Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan? Begini Penjelasannya

Tips Bersihkan Catatan SLIK OJK  

1. Hubungi OJK

Tips bersihkan catatan SLIK OJK yaitu dengan menghubungi OJK. Untuk memastikan bahwa informasi pelunasan tercatat dengan benar, bawalah surat penjelasan atau klarifikasi dari bank yang bersangkutan. Selanjutnya, konfirmasikan kepada OJK bahwa kalian telah menyelesaikan kewajiban kredit. 

Melibatkan OJK dalam proses ini memastikan bahwa informasi di SLIK OJK diperbarui dengan akurat dan memberikan kepastian bahwa catatan kredit telah bersih. Proses ini bisa melibatkan dokumentasi dan konfirmasi resmi untuk memastikan validitasnya.

2. Ajukan Komplain Jika Status Tidak Berubah

Setelah melunasi cicilan, tips bersihkan catatan SLIK OJK berikutnya yaitu memantau SLIK OJK untuk melihat apakah terjadi perubahan pada skor kredit. Jika tidak ada perubahan atau pembaruan setelah jangka waktu tertentu, kalian bisa mengajukan komplain ke bank atau lembaga keuangan yang telah kalian ajukan kredit sebelumnya. Komplain ini bertujuan supaya perubahan positif dalam riwayat kredit kalian bisa tercermin secara akurat. 

BACA JUGA:5 Tips Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

3. Lunasi Kredit atau Utang

Lunasi cicilan kredit atau utang yang tertunggak secepat mungkin. Jika masih ada cicilan yang menunggak, ini bisa merugikan skor kredit dan membuat sulit untuk mendapatkan persetujuan kredit di masa depan. Lunasinya cicilan akan memberikan dampak positif pada kualitas catatan kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: