5 Cara Lepas dari Lilitan Utang

5 Cara Lepas dari Lilitan Utang

cara lepas dari lilitan utang --foto youtobe

DISWAY JATENG.ID - Hanya memiliki utang saja telah membawa banyak konsekuensi. Terlebih lagi, jika kalian menunda-nunda pelunasannya. Selain itu, utang bisa merusak kesehatan mental, seperti menimbulkan stres dan depresi. Untuk itu, perlu ketahui cara lepas dari lilitan utang yang berkepanjangan. 

Ada banyak jenis utang yang siap menghimpitmu, seperti cicilan kartu kredit, pinjol, kredit kepemilikan rumah, atau cicilan kendaraan pribadi. Namun, siapa yang ingin terus-menerus terjebak dalam utang? Semakin cepat kalian mengetahui cara lepas dari lilitan utang, semakin baik.

Harus berhati-hati, utang juga bisa merusak kesehatan fisikmu, seperti memicu munculnya berbagai penyakit karena beban pikiran terus bertambah. Lantas, bagaimana cara lepas dari lilitan utang, sehingga kalian bisa bernafas lebih lega segera. 

Nah, di bawah ini ada beberapa cara lepas dari lilitan utang agar tidak semakin membengkak, yang dapat kalian coba dan lakukan dengan tepat. 

BACA JUGA:4 Tips Menghindari Lilitan Utang Pinjaman Online Agar Tidak Dikejar Debt Collector

Cara Lepas dari Lilitan Utang 

1. Hitung Semua Utang yang Harus Dibayar dan Tetapkan Prioritas

Buatlah rencana sebagai cara lepas dari lilitan utang, dengan mencatat semua utang yang harus dilunasi, kemudian hitung total pendapatan yang didapatkan. Hal ini akan membantu mengetahui berapa alokasi pengeluaran yang diperlukan setiap bulan.

Urutkan utang mana yang memiliki suku bunga tertinggi. Lunasilah utang tersebut terlebih dahulu supaya tidak bertambah besar karena bunga. Usahakan melunasinya sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda yang justru akan membebani.

2. Ingat Alasan Mengapa Berutang

Ada banyak alasan mengapa orang berutang, misalnya untuk memulai usaha atau memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga dengan membeli rumah.

Ini merupakan kunci motivasi dalam melunasi utang dengan cepat. Ingatlah bahwa dengan terbebas dari utang, impianmu akan segera tercapai. Impian memiliki restoran atau kedai kopi sendiri, atau memberikan rumah yang nyaman bagi keluarga tercinta akan memotivasi.

BACA JUGA:Tips Bebas Lilitan Utang Pinjol Paling Efektif untuk Menghindari Galbay

3. Kendalikan Pengeluaran dengan Berhemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.investasiku.id/eduvest/lifestyle/cara-lepas-dari-lilitan-utang