5 Tips Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

5 Tips Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

tips menghadapi dc pinjol datang ke rumah --foto gridfame

Surat kuasa merupakan bukti barang sitaan imbas penunggakan bayar utang bisa diambil. Ini wajib diterbitkan oleh penyedia pinjaman online tempat pinjaman diajukan.

2. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Tips menghadapi DC pinjol datang ke rumah selanjutnya yaitu dengan meminta menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi. Para debt collector (DC) resi akan mendapatkan sertifikat Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI. Ini bertujuan agar penagih utang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya.

3. Tanyakan Identitas

Tips menghadapi DC pinjol datang ke rumah berikutnya yaitu menanyakan identitas. Saat debt collector / DC datang, sambutlah dengan sopan dan tanyakan identitas mereka. Ketahui juga soal identitas debt collector, mulai dari siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Hadapi DC Pinjol yang Agresif

4. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya yaitu dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak bisa menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.

5. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Nasabah harus menjelaskan secara baik alasan terlambat atau menunggak membayar utang. Kalian juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut.

Ingat juga jangan menjanjikan apapun pada debt collector untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips menghadapi DC pinjol datang ke rumah yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar pihak DC tidak semena-mena. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: