Desa Lokus Stunting Dapat Bantuan BKB KIT

Desa Lokus Stunting Dapat Bantuan BKB KIT

BANTUAN- Bantuan BKB KIT diterima oleh Desa Wanarata sebagai desa lokus stunting.Foto:Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Bantuan BKB KIT diberikan kepada desa lokus stunting, yaitu desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Bantuan tersebut agar dimanfaatkan dengan baik, sebagai upaya agar stunting dapat dicegah dan diturunkan. 

Koordinator KB Kecamatan Bantarbolang Yuli Setyani mengatakan, Desa Wanarata yang merupakan lokus stunting, sekaligus sebagai kampung Keluarga Berkualitas. Perlu mendapatkan perhatian secara khusus dalam berbagai program, termasuk dari dinas instansi lainnya, agar stunting dapat di cegah dan diturunkan. 

BACA JUGA:BPIP Gaungkan Pancasila di Atas Geladak KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992

"Di dalamnya berisi alat pantau tumbuh kembang anak, alat permainan edukatif, serta media penyuluhan bagi orang tua," katanya.

Kepala Desa Wanarata Elok Rakhmawati  menyampaikan, sebagai salah satu desa yang menjadi lokus stunting. Berbagai usaha dilakukan untuk pencegahan dan penurunan stunting. Dengan berbagai aktivitas pembuatan jamban rumah, pembenahan penataan lingkungan, dan pemberian makanan tambahan buat ibu hamil dan balita. 

"Berbagai usaha tersebut dilakukan agar penurunan dan pencegahan stunting dapat tercapai," ujarnya. 

BACA JUGA:Guru PAUD se-Kota Tegal Gelar Lomba

Penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang Kukuh Raharso menambahkan, BKB merupakan suatu program dalam rangka pembinaan keluarga, untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal. Dalam BKB merupakan kegiatan orang tua yang memiliki anak balita. 

Sebagai orang tua baru atau orang tua muda, banyak diantara saudara kita yang belum memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak yang baik. Dengan mengikuti program ini, dapat memberikan manfaat positif, yaitu menjadikan orang tua lebih pandai mengurus dan merawat anak. Pandai membagi waktu dan mengasuh anak, bertambah wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak, serta meningkatnya keterampilan dalam mengasuh dan mendidik anak balita.

BACA JUGA:438 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

"Ini bisa meningkatkan pengetahuan para orang tua, dalam mengasuh dan mengamati tumbuh kembang buah hatinya. Untuk balita, dapat menggunakan peralatan yang ada di BKB KIT tersebut," pungkasnya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: