Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Android

Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Android

Ketahui Fungsi Dan Cara Mengaktifkan Fitur NFC Di Android-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Perlu dicatat bahwa pada beberapa perangkat Android, pengaturan NFC mungkin terletak di lokasi yang berbeda. Beberapa model menempatkan fitur ini di bagian "Pengaturan Lainnya" atau "Pengaturan Lanjutan". Ada juga yang menempatkan opsi ini di bagian "Jaringan".

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di pengaturan dengan mengetik "NFC". Setelah itu, pilih dari hasil pencarian yang muncul.

2. Mengaktifkan melalui Tiles atau Pengaturan Cepat

Cara lain untuk mengaktifkan NFC adalah melalui "Tiles" atau "Pengaturan Cepat". Jika Anda bingung, usap layar HP Android Anda dari atas ke bawah.

Biasanya, akan muncul opsi pengaturan seperti “Data Seluler”, “Bluetooth”, "Mode Pesawat", "Lokasi", “Wifi”, dan pengaturan lainnya. Cari tile NFC untuk mengaktifkannya.

Jika tile NFC tidak muncul, Anda dapat menambahkannya terlebih dahulu di Tiles, karena biasanya fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pengaturan cepat yang ingin ditampilkan.

BACA JUGA:Ciri-Ciri Hp Dihack dan Cara Mengatasinya

Fungsi NFC pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Setelah memahami cara mengaktifkan fitur NFC pada Smartphone, mari kita bahas apa yang membuat NFC begitu istimewa. Apa saja fungsi NFC pada Smartphone? Apakah NFC hanya digunakan untuk memeriksa saldo e-toll dan mengirimkan data?

Tentu saja jawabannya adalah tidak. NFC memiliki lebih banyak fungsi daripada yang dipahami banyak pengguna. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari potensi penuh dari fitur NFC. Banyak pengguna yang tidak sepenuhnya memahami dan memanfaatkan kemampuan NFC. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai berbagai fungsi NFC yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Mengecek dan Mengisi Saldo Uang Elektronik

NFC semakin banyak digunakan di Indonesia, terutama dengan adanya kebijakan transaksi non-tunai di gerbang tol. Setiap pengendara yang ingin menggunakan jalan tol diwajibkan memiliki kartu e-money.

Kartu e-money ini dapat diisi ulang di berbagai tempat atau melalui ATM. Namun, jika ponsel Anda dilengkapi dengan NFC, Anda dapat melakukan pengisian saldo langsung pada kartu e-money.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa saldo yang tersedia di kartu e-money tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencari tempat untuk mengisi atau memeriksa saldo e-money.

Saat ini, banyak ATM yang mendukung fungsi untuk memeriksa dan mengisi saldo kartu e-money. Namun, fungsi ini juga dapat dilakukan melalui ponsel yang memiliki NFC, sehingga Anda dapat memeriksa dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: