7 Cara Mengatasi Memori Penuh di Ponsel Android

7 Cara Mengatasi Memori Penuh di Ponsel Android

7 Cara Efektif Mengatasi Memori Penuh di Ponsel Android--

Jika perangkat Android Anda mendukung kartu SD eksternal, Anda dapat mentransfer beberapa aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Tidak semua aplikasi memenuhi syarat untuk transfer ini, tetapi bagi yang memenuhi syarat, ini dapat mengurangi beban memori internal perangkat Anda secara signifikan.

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, buka Pengaturan > Aplikasi > [pilih aplikasi] > Penyimpanan > Ubah > Kartu SD.

BACA JUGA:Cara Mengubah Ukuran Foto menjadi 200KB di Ponsel dan Laptop

5. Gunakan Aplikasi Versi Ringan

Banyak aplikasi populer menawarkan versi ringan yang dirancang agar ukurannya lebih kecil dan menggunakan lebih sedikit memori dan data. Pertimbangkan untuk mengganti versi standar aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dengan versi lite.

Ini tidak hanya akan mengosongkan ruang di perangkat Anda, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja pada ponsel yang kurang bertenaga.

6. Nonaktifkan Bloatware yang Sudah diinstal Sebelumnya

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi pra-instal yang mungkin tidak pernah Anda gunakan, juga dikenal sebagai bloatware. Aplikasi ini menghabiskan ruang yang berharga dan tidak dapat dicopot pemasangannya, tetapi seringkali dapat dinonaktifkan.

Buka Pengaturan > Aplikasi > [pilih aplikasi] > Nonaktifkan untuk mencegah aplikasi ini berjalan di latar belakang dan menghabiskan memori.

7. Lakukan Reset Pabrik

Jika semuanya gagal dan ponsel Android Anda masih kesulitan dengan memori yang rendah, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan reset pabrik sebagai upaya terakhir. Ini akan menghapus semua data di perangkat Anda dan mengembalikannya ke keadaan semula.

Sebelum melakukan ini, pastikan untuk mencadangkan semua file dan data penting karena akan dihapus secara permanen selama proses reset.

BACA JUGA:Cara Mengubah TikTok Menjadi Mode Gelap di iPhone dan Android

Kesimpulan

Berurusan dengan memori penuh di ponsel Android Anda bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi, tetapi ini bukan masalah yang tidak dapat diatasi. Dengan mengikuti 7 metode efektif ini, Anda dapat mengosongkan ruang, mengoptimalkan penggunaan memori, dan menghidupkan perangkat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: