Teror Pinjol Mengganggu? Berikut Cara Melindungi Kontak di Nomor Pribadi

Teror Pinjol Mengganggu? Berikut Cara Melindungi Kontak di Nomor Pribadi

Teror Pinjol Mengganggu? Berikut Cara Melindungi Kontak Di Nomor Pribadi Anda-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG.ID - Berikut ini cara melindungi kontak di nomor pribadi Anda. Di zaman sekarang, pinjaman online (pinjol) semakin banyak diminati sebagai solusi cepat untuk mendapatkan dana. Namun, kita juga harus waspada terhadap banyaknya platform pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi pinjaman online kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini wajar, mengingat pinjol menawarkan kemudahan dalam mendapatkan dana pinjaman dengan syarat yang relatif ringan. Berikut ini cara melindungi kontak di nomor pribadi Anda.

Berikut ini cara melindungi kontak di nomor pribadi Anda. Pinjol yang tidak resmi ini sering kali bersikap agresif dalam menagih cicilan dari nasabah yang mengalami kesulitan pembayaran. Para penagih utang dari pinjol ilegal ini tidak hanya mengganggu debitur, tetapi juga kontak yang ada di ponsel mereka.

Namun, ada kalanya seseorang mengalami kesulitan dalam membayar utang pinjol. Situasi ini sering kali memicu tindakan yang dapat menimbulkan teror, seperti menghubungi semua nomor yang ada di kontak ponsel debitur. Oleh karena itu, mari simak berikut ini cara melindungi kontak di nomor pribadi Anda.

BACA JUGA:Aturan Pinjol Terbaru, Resmi dari OJK

Untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut, berikut adalah beberapa cara melindungi kontak nomor pribadi dari teror pinjol:

1. Jangan Berikan Izin Akses Kontak

Jika Anda terpaksa menginstal aplikasi pinjaman online, biasanya aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses kontak. Untuk mencegah aplikasi pinjaman online mengakses dan mengumpulkan daftar kontak, sebaiknya tolak permintaan izin akses tersebut.

2. Periksa Pembaruan Izin Akses

Pastikan untuk secara rutin memeriksa pengaturan izin aplikasi di ponsel Anda. Jika Anda pernah memberikan izin akses kontak kepada aplikasi tertentu, segera cabut izin tersebut.

3. Tinjau Pengaturan Privasi di WhatsApp

WhatsApp menyediakan opsi pengaturan privasi yang memungkinkan pemilik nomor untuk mengatur siapa yang dapat melihat informasi kontak mereka. Dengan demikian, pemilik nomor dapat memilih untuk membagikan informasi kontak hanya kepada orang-orang tertentu.

4. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

Fitur verifikasi dua langkah terbukti efektif dalam melindungi nomor telepon dari akses yang tidak sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: