Kapan Utang Pinjol Bisa Hangus dengan Sendirinya dan Berapa Lama?

Kapan Utang Pinjol Bisa Hangus dengan Sendirinya dan Berapa Lama?

kapan utang pinjol bisa hangus dengan sendirinya dan berapa lama --foto beautynesia

4. Restrukturisasi Utang

Jika tidak mampu membayar utang pinjol, maka kalian bisa mencoba untuk mengajukan restrukturisasi utang. Restrukturisasi utang merupakan proses pengaturan ulang utang, baik itu jangka waktu pembayaran, jumlah cicilan, maupun suku bunga.

Dalam proses restrukturisasi utang, pihak pinjol dapat menyetujui untuk menghapus sebagian atau seluruh utang. Namun, hal ini tergantung pada kesepakatan antara kalian dengan pihak pinjol.

Berapa Lama Utang Pinjol Bisa Hangus?

Peraturan tersebut menegaskan bahwa pihak pinjol dilarang menagih utang tersebut secara langsung setelah 90 hari. Artinya, kalian tetap harus membayar utang pinjol tersebut.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, utang pinjol hangus dengan sendirinya apabila tidak dilunasi dalam waktu 90 hari sejak jatuh tempo.

Jika utang pinjol tidak dibayarkan, nama kalian akan masuk ke dalam daftar hitam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK yang bisa mempersulit kalian saat mengajukan mendapatkan pinjaman.

Kalian bisa menghubungi pihak pinjol untuk melakukan pelunasan utang tersebut. Selain itu, kalian juga bisa melaporkan utang pinjol yang sudah hangus tersebut ke OJK. Nantinya OJK akan melakukan investigasi terhadap kasus tersebut dan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Namun, perlu diingat bahwa utang pinjol yang hangus dengan sendirinya tidak akan menghapus kewajiban kalian untuk membayar utang. Kalian tetap harus bertanggung jawab untuk membayar utang tersebut jika ingin menghindari masalah hukum di kemudian hari.

BACA JUGA:Kapan dan Berapa Lama Utang Pinjol Hangus dengan Sendirinya? Simak Penjelasan Detailnya di Sini

Pastikan kalian hanya menggunakan pinjol legal untuk kebutuhan dana yang mendesak. Sebagai alternatifnya, kalian bisa mengajukan pinjol tanpa agunan OK KTA dari OK Bank.

OK KTA merupakan pinjol dari OK Bank tanpa jaminan, resmi dan diawasi oleh OJK. Dengan suku bunga kompetitif mulai dari 0,79% per bulan, kalian bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp300 juta yang bisa dicicil dalam jangka waktu mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun.

Proses pengajuan pinjamannya pun mudah dan cepat, hanya butuh 2 menit saja. Dana pinjaman bisa langsung cair dalam waktu 1 hari, sehingga kalian bisa segera memenuhi kebutuhan mendesak.

Untuk mengajukan KTA OK Bank ini, hanya perlu mempersiapkan persyaratan berikut:

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  • Alamat KTP atau berdomisili di Jabodetabek, Karawang, Bandung, dan Surabaya
  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun dan Warga Negara Indonesia
  • Memiliki rekening bank.

Itulah beberapa informasi seputar berapa lama dan kapan utang pinjol bisa hangus dengan sendirinya? yang perlu kalian pahami dan ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: