Dinas Sosial Kabupaten Tegal Kawal 10 LKSA Penerima SOSH 2024

Dinas Sosial Kabupaten Tegal Kawal 10 LKSA Penerima SOSH 2024

KAWAL - Penyaluran bantuan subsidi permakanan SOSH 2024.Foto: Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Awal Agustus 2024 menjadi bulan terakhir penyaluran bantuan subsidi permakanan Satu Orang Satu Hari (SOSH) di Kabupaten Tegal. bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah tersebut sebelumnya juga telah disalurkan pada bulan April 2024. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui pendamping Rehsos Fatchan  menyatakan bahwa  bantuan SOSH ditujukan bagi anak-anak dalam naungan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKSA). 

"Tercatat, pada 2023 Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal mengusulkan 10 LKSA yang kemudian pada 2024 ini memperoleh bantuan tersebut," ujarnya, Selasa (13/8/2024).

BACA JUGA:Sukseskan GABS, Dinkes Datangi SMA Negeri 2 Slawi Lakukan Cek Kesehatan

10 LKSA  yang mendapatkan bantuan tercatat LKSA Bina Insan Mulia, LKSA Hasyim Asy’ari Tarub, LKSA Darul Yatama Peristek, LKSA Putri Hj Zaenab Masykur, LKSA Putri Aisyiyah Slawi. LKSA Darul Salam Al Mubarokah, LKSA Muhammadiyah Margasari, LKSA Yatim Muhammadiyah Slawi, LKSA Darul Yatama Muslimat NU dan LKSA Aisyiyah Karanganyar. 

Masing-masing LKSA memperoleh bantuan SOSH berupa paket bahan makanan pokok dan makanan bernutrisi. Antara lain, beras, minyak goreng, gula pasir, teh, mie, sarden dan susu UHT. Penyaluran di bulan Agustus 2024 merupakan tahap terakhir bantuan SOSH sesuai dengan rencana kegiatan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Cegah Stunting, Adakan Posyandu Gratis

Total, 10 LKSA di Kabupaten Tegal menerima 2 kali penyaluran bantuan SOSH, pertama pada April 2024 dan kedua pada Agustus 2024. 

"Ini tahap terakhir penyaluran SOSH 2024," ungkapnya.  

Bantuan SOSH merupakan program rutin tahunan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.  Tercatat Kabupaten Tegal dalam 3 tahun terakhir rutin memperoleh bantuan tersebut dan dirasakan manfaatnya bagi anak-anak penerima dari tiap LKSA di Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Puluhan Pria di Kelurahan Kraton Kota Tegal Lomba Memasak Mie Goreng

Menengok tahun 2022, yang masuk masa pandemi, pengurus LKSA merasa terbantu dengan hadirnya bantuan SOSH. Mengingat, aktivitas sosial yang dibatasi menyebabkan kelangkaan pada sejumlah pemenuhan bahan pokok. 

Bantuan SOSH merupakan bentuk layanan penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang ada di seluruh lembaga/panti baik milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun milik swasta dalam hal ini LKSA. 

BACA JUGA:Raperda APBD Tahun 2025 Kabupaten Tegal Diminta Tunggu Kebijakan Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: