7 Cara Mengatasi Penyalagunaan KTP

7 Cara Mengatasi Penyalagunaan KTP

cara mengatasi penyalagunaan ktp--

DISWAY JATENG.ID - Data pribadi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab? Tenang, terdapat beberapa cara mengatasi penyalahgunaan KTP yang dapat anda lakukan.

Terdapat banyak kerugian jika data pribadi digunakan oleh orang lain, maka dari itu anda perlu menjaga dan melindungi semua data-data yang bersifat pribadi. Cara mengatasi penyalahgunaan KTP ini cukup efektif jika dilakukan dengan tepat dan benar.

Namun sebelum membahas cara mengatasi penyalahgunaan KTP, apakah anda mengetahui apa saja dampak negatif yang akan didapatkan? Diantaranya yaitu dapat menimbulkan beban utang serta merusak reputasi kredit individu.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai cara mengatasi penyalahgunaan KTP, simak terus ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Awas Penipuan! Inilah Bahaya Penyalahgunaan KTP

Cara Mengatasi Penyalahgunaan KTP :

1. Kumpulkan Bukti

Tangkapan layar: mengatasi penyalahgunaan KTP dapat menyimpan semua bukti digital seperti pesan teks, email, atau tangkapan layar aplikasi pinjol yang menunjukkan data Anda disalahgunakan.

Dokumen identitas: Siapkan salinan KTP, kartu keluarga, dan dokumen pendukung lainnya sebagai bukti identitas Anda.

Riwayat transaksi: Jika ada, kumpulkan bukti transaksi yang mencurigakan terkait dengan pinjaman online tersebut.

2. Laporkan ke Pihak yang Berwenang

Otoritas Jasa Keuangan (OJK): OJK merupakan lembaga yang berwenang mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia. Laporkan kejadian ini melalui saluran pengaduan yang disediakan oleh OJK, seperti website, email, atau telepon.

Polisi: Buat laporan resmi ke kepolisian terdekat. Penyalahgunaan data pribadi merupakan tindakan pidana yang dapat dijerat dengan hukum.

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI): Jika pinjol yang bersangkutan merupakan anggota AFPI, mengatasi penyalahgunaan KTP bisa dengan melaporkan ke asosiasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: